Sekda: Selama Ini Lakip Dinilai Sakit

Sekda: Selama Ini Lakip Dinilai Sakit

CURUP, CE - Laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (Lakip) di ruang lingkup Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong selama ini dinilai Sakit. Pasalnya, bertahun-tahun Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong menyandang predikat C dengan nilai 48,61. Hal tersebut disampaikan Sekda Kabupaten Rejang Lebong, H RA Denni SH MM kepada wartawan. "Selama ini Lakip kita sakit, karena selama ini kita berpredikat c dan nomor 5 di Kabupaten/ Kota di Provinsi Bengkulu," ujarnya.

Disampaikan Sekda guna memperbaiki nilai tersebut, kemarin Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melalui Bagian Administarasi Pemerintah menggelar penyusunan indikator kinerja, indikator kinerja utama dan penyusunan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (Lakip). Termasuk dengan menghadirkan perwakilan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Nasional Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Dengan harapan predikat c yang selama ini disandang jajaran Pemkab Rejang Lebong dapat berubah minimal berada di peringkat B. "Artinya kita ingin adanya perbaikan nilai sehingga tatanan pemerintahan kedepan bisa berjalan dengan baik dan benar," sampainya.

Lebih jauh dikatakan Sekda bahwa akuntabilitas aparatur pemerintahan merupakan hal yang mutlak untuk dilakukan dalam rangka mewujudkan efektivitas dan efisiensi terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah untuk mewujudkan good governance. Diakui Sekda memang sebelumnya sudah dilakukan namun belum mendokumentasikan dan melaporkan setiap kegiatan di organisasi perangkat daerah (opd). "Memang terkait Lakip, selama ini kita memang belum meminta bimbingan dari pusat hanya saja kita selama ini berjalan dengan sendirinya. Sehingga hari ini (kemarin, red) kita mengundang dari Kementerian dalam rangka membimbing dan membina kita disini," katanya.

Tidak hanya itu menurut Sekda bahwa dengan adanya bimbingan dan arahan tersebut, pihaknya berharap setiap opd khususnya perwakilan teknis yang hadir kemarin dapat penilaian yang lebih baik dari sebelumnya.  "Kita berharap dengan penilaian yang lebih baik, kedepan lebih memotivasi jajaran Pemkab RL untuk berbenah lebih baik lagi," ujarnya.

Sementara itu Perwakilan dari Kemenpan-RB, Surya Hidayat mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong harus memiliki perencanaan yang matang dalam rangka pengukuran kinerja. Sehingga dapat mengetahui sampai dimana target yang telah dicapai selama ini. "Dengan adanya Bimtek ini, kita juga sama-sama berharap khususnya Lakip di Pemkab Rejang Lebong dapat keluar dari predikat C," tandasnya. (CE5)

Sumber:

Sekda: Selama Ini Lakip Dinilai Sakit

Terkini

Terpopuler

Pilihan