DAK Fisik Naik Rp 1,22 Triliun

DAK Fisik Naik Rp 1,22 Triliun

BENGKULU, CE - Tahun ini Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun 2019 untuk provinsi Bengkulu mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dimana pada tahun 2019 nanti Provinsi Bengkulu akan mendapatkan peningkatan DAK Fisik sebesar 62 persen dengan total dana mencapai Rp 1,22 Triliun.

Terkait dengan hal ini, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti mengatakan bahwa dengan adanya peningkatan DAK untuk Provinsi Bengkulu ini tentunya harus dibarengi dengan peningkatan kinerja. "Dana ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, karena kalau ada yang tidak terserap maka DAK akan hangus," sampainya.

Dikatakannya bahwa saat ini untuk DAK Fisik 2018 sendiri saat ini sudah masuk pada penyaluran tahap ketiga. Untuk itu ia mengingatkan agar Pemerintah Kabupaten dan Kota agar dapat segera melaksanakan proses penyaluran sebelum 15 Desember mendatang.

"Jangan sampai DAK ini tidak terealisasi, karena jelas DAK akan hangus dan untuk penyelesaiannya tentu akan menjadi beban daerah, kalau sudaj jadi bebam daerah bisa jebol APBD," ujarnya.

Sekda juga menyebutkan, terkait dengan pelaporan progres fisik yang sesuai peraturan menteri keuangan menjadi syarat yang wajib dipenuhi. Menurutnya, pemenuhan persyaratan penyaluran sangat penting dan harus dipenuhi oleh seluruh Pemda, karena penyaluran DAK Fisik tahap berikutnya tergantung pada kinerja penyerapan dan capaian output yang dilaporkan dan diinput oleh Pemda.

"Kini sudah semakin mudah melalui aplikasi online, OMSPAN. Harapannya, proses penyaluran ini jangan sampai ada yang tak terbayarkan," pungkasnya.

Sementara itu, anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 telah disepakati dengan pagu belanja negara sebesar Rp 2.461,11 Triliun. Dari angka tersebut, terdapat belanja untuk transfer ke daerah sebesar Rp 756,77 triliun dan Dana Desa sebesar Rp 70 triliun.

Sedangkan dana transfer daerah terdiri dari beberapa komponen, dan DAK fisik merupakan satu dari sekian komponen. Bengkulu untuk 2019 mendapatkan DAK pada 14 bidang. DAK 2019 dialokasikan untuk 9 Kabupaten 1 Kota melalui DAK reguler, DAK Penugasan dan DAK Afirmasi. Tahun 2018, DAK Fisik mencapai Rp 759.655.000. (CE2)

Sumber:

DAK Fisik Naik Rp 1,22 Triliun

Terkini

Terpopuler

Pilihan