Keruk Drainase Atasi Banjir

Keruk Drainase Atasi Banjir

SELUPU REJANG, CE - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukinan (PUPRPKP) kabupaten Rejang Lebong dalam waktu dekat akan melakukan pengerukan sejumlah saluran drainse. Dimana drainase tersebut diduga menjadi pemicu banjir di Rejang Lebong.

"Untuk solusi jangka pendek yang akan kita lakukan sementara ini pengerukan drainase," sampai Kadis PUPRPKP Rejang Lebong Yusran Fauzi, kemarin.

Menurutnya jika pengerukan tersebut nantinya akan menggunakan dana rutin pihaknya, untuk rehap jalan dan juga pengerukan tersebut, dengan itu tetap pihaknya meminta kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan agar tidak membuang sampah di drainase yang mana dampaknya telah dirasakan saat ini.

"Jadi jangan selalu menyalahkan pemerintah dengan pembanguan yang dianggap tidak meluhat dampak jika mereka sendiri masih membuang sampah sembarangan," ungkapnya.

Adapun untuk solusi jangka panjang pihaknya masih terus mengkaji apa saja yang harus dilakukan dan memang harus diperhitungkan arus dan pembuang air akan kemana.

Dengan dimana nantinya akan ada pembuatan drainase baru dengan atau rehap drainase sehingga bisa mengatur alur air dan pembagian arus air.

"Karena pengairan ada pada kita, maka kita yang akan jadi, jika memang mendesak untuk direhap dan belum teranggar, maka kita bisa gunakan dan tanggap bencana BPBD Rejang Lebong," pungkasnya. (CE1)

Sumber:

Keruk Drainase Atasi Banjir

Terkini

Terpopuler

Pilihan