Distan Angkat PPL Honorer, Rencana Tahun 2019

Distan Angkat PPL Honorer, Rencana Tahun 2019

CURUP, CE - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distan) Kabupaten Rejang Lebong berencana untuk melakukan pengangkatan Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) honorer pada tahun 2019 mendatang. Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Taman SP menyampaikan bahwa penambahan ini dimaksudkan untuk mengatasi jumlah penyuluh pertanian yang saat ini masih kurang.

"Rencananya tahun depan kita akan mengangkat sekitar 15 orang tenaga penyuluh untuk membantu tenaga penyuluh kita yang saat ini masih kurang," sampainya.

Menurutnya saat ini jumlah penyuluh yang dimiliki oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, sebanyak 70 penyuluh. Dimana sebanyak 70 orang inilah yang harus mengakomodir sebanyak 156 desa dan kelurahan yang tersebar di 15 Kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong.

"Karena seharusnya ideal penyuluh pertanian itu adalah 1 orang penyuluh untuk 1 desa atau kelurahan," katanya.

Lebih jauh ia menyebutkan bahwa, sebelumnya pihaknya sudah pernah memberikan usulan kepada pihak Kementrian Pertanian terkait dengan penambahan jumlah penyuluh pertanian di Rejang Lebong. Akan tetapi nampaknya usulan tersebut belum mendapat respon positif dari pusat.

"Bahkan pada formasi CPNS tahun ini saja tidak ada penerimaan untuk penyuluh pertanian. Sedangkan jumlah penyuluh kita tentunya akan semakin berkurang kedepannya karena beberapa akan memasuki massa pensiun," ujarnya.

Untuk itu, ia berharap agar penambahan honorer untuk tenaga penyuluh pertanian pada tahun 2019 dapat berjalan sesuai dengan rencana. Sehingga dapat setidaknya membantu para penyuluh yang saat ini terus membantu para petani fan peternak dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Mudah-mudahan untuk tambahan 15 orang penyuluh honorer itu tahun depan daoat terlaksana, jumlah itu sensiri juga saya rasa sudah maksimal mengingat keterbatasan anggaran yang kita miliki," pungkasnya. (CE2)

Sumber: