Bupati Tutup Rangkaian Baksos PKK KB Kesehatan

Bupati Tutup Rangkaian Baksos PKK KB Kesehatan

SINDANG KELINGI, CE - Bupati Kabupaten Rejang Lebong, DR H Ahmad Hijazi SH MSi kemarin secara resmi menutup rangkaian bakti sosial PKK KB Kesehatan tahun 2018. Penutupan baksos PKK KB Kesehatan tersebut dipusatkan di SMP 12 RL Desa Blitar Muka Kecamatan Sindang Kelingi.

Dalam pidatonya, Bupati mengapresiasi Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) terutama terutama perannya dalam membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan keluarga yang mandiri dan berkualitas serta menjadikan keluarga-keluarga sejahtera. Menurutnya, program seperti ini harus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.

"Tidak cukup sampai disini, artinya program dalam mewujudkan keluarga mandiri dan berkualitas harus dilakukan secara rutin dan berdampak pada masyarakat banyak," ujarnya.

Disampaikan Bupati bahwa kegiatan Baksos yang dilakukan ini tentu sangat disambut baik oleh masyarakat. Ada banyak hal yang bermanfaat untuk kepentingan masyarakat. Diantaranya adanya pemeriksaan kesehatan gratis, pemberian bantuan bibit gratis, sembako, alat mesin pertanian bahkan ada juga bantuan seragam gratis. Tentu menurut Bupati, bahwa hal tersebut juga sangat bersinergi dengan program pemerintahan.

"Baik itu dalam rangka mewujudkan Kabupaten sehat, Kabupaten Taqwa, Kabupaten Cerdas bahkan Kabupaten Sejahtera. Maka hal tersebut harus kita dukung secara berkelanjutan," sampainya.

Tidak hanya itu, Bupati juga mengimbau kepada para sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Rejang Lebong juga untuk ikut membantu PKK dalam mewujudkan keluarga tersebut. Karena menurutnya, hal tersebut program Baksos tersebut akan sangat membantu masyarakat.

"Semuanya harus di dukung dan harus saling bersinergi demi percepatan pembangunan di Kabupaten Rejang Lebong," katanya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong, Ny Fitri Hertikasari A Hijazi SE bahwa kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan sendiri merupakan salah satu bentuk intensifikasi gerakan PKK beserta lintas sektor terkait. Dimana kegiatan ini bertumpu pada kegiatan kelompok masyarakat, PKK institusi KB Kesehatan dengan kader sebagai ujung tombak.

"Yang mana kegiatan ini secara umumnya bertujuan meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan kerjasama lintas sektor dalam pelaksanaan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan juga kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Menurut Bunda sapaan akrab Ketua TP PKK Kabupaten RL, bahwa Kegiatan KB Kesehatan tidak hanya berhenti sampai disini. Karena akan dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya lagi di masing-masing Kecamatan. Sedangkan bakal ada penilaian dan ditentukan juaranya dalam pelaksanaan terbaik dalam kegiatan ini.

"Yang berlangsung pada bulan Januari hingga April tahun depan," tuturnya.

Untuk diketahui ada banyak hal yang dilakukan dalam kegiatan Baksos PKK KB Kesehatan tahun 2018. Diantaranya pelayanan kesehatan, pelayanan KB dan kesehatan reproduksi, khitanan massal, donor darah, salon gratis, penyuluhan kesehatan dan keluarga berkualitas, pemberian bantuan beasiswa dari donatur, kegiatan gerakan minum susu atau gerimismas dan kegiatan pemberian bantuan dari dinas instansi, dharma wanita, GOW, Baznas, bantuan dari Bank BPD, BRI, dalam wilayah Kabupaten Rejang Lebong. (CE5)

Sumber: