Mahasiswa IAIN Ikuti Seminar Strategi Pembangunan Desa

Mahasiswa IAIN Ikuti Seminar Strategi Pembangunan Desa

CURUP UTARA, CE - Untuk meningkatkan wawasan di bidang umum. Para mahasiswa IAIN Curup mengikuti seminar nasional staregis pembangunan desa. Tujuan seminar ini sendiri bisa menambah wawasan mahasiswa dibidang tersebut dan bisa membantu desa mereka dalam menyelesaikan sejumlah permasalahan atau memberikan masukan dengan pengetahuan yang mereka miliki tersebut.

"Kita sengaja ikut sertakan mereka dalam seminar ini agar wawasan mereka bertambah," sampai Rektor IAIN Curup Dr H Rahmad Hidayat, kemarin.

Menurutnya kendati tidak begitu sinkron dengan pembelajaran mahasiswa, namun pengetahuan umum yang seperti ini bisa diketahui. Yang mana narasumber sendiri ini adalah Wakil Ketua III DPD RI, Drs Akhmad Muqowan dan juga anggota DPD RI dapil REjang Lebong H Mohammad Saleh SE, yang jelas sudah miliki sejumlah ilmu umum atas pengalaman mereka.

"Dari itu maka kita ikut sertakan dalam seminar," ungkapnya. Pihaknya sendiri mengingikan yang mana mahaisswa IAIN nantinya bukan hanya sekadar sarjana dan mengajar atau menjadi pengusaha, namun yang mena mereka bisa meningkatkan kualitas dan mempu menjadi pengawas pembanguan di daerah mereka masing - masing. Dimana dengan pengetahuan tersebut, yang mana nantianya bisa menjadi moto penggerak desa dalam pembanguan yang terasparan dan akuntabel dengan ADD dan DD yang diberikan seperti saat ini.

"Dan sangat besar juga kemungkian mereka akan menjadi kepada desa minimal mereka sudah miliki sedikit ilmu dibidang tersebut," jelasnya.

Dan kedepanya sendiri kampus ini akan lebih banyak lakukan seminar nasional yang mana akan lebih banyak lagi pengetahuan umum yang dimiliki mahasiswa dan ini akan berdampak pada kualitas lulusan IAIN tersebut, dengan itu maka pihaknya minta kepada mahaiswa untuk bisa ikuti seminar - seminar ini dan memanfaatkan pemaparan dan pengetahuan yang mereka bisa ambil dan bisa mereka realisasikan di kehudupan sehari - hari.

"Silahkan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mereka bisa ikut, dan menambah pengetahuan umum," jelasnya. Disamping itu Wakil Ketua III DPD RI Drs Akhmad Muqowan menyampaikan jika desa saat ini sudah berbeda jauh dengan desa yang saat ini, dominasi sudah lebih maju dan hanya kala beberapa langka dari kelurahan, dan saat ini sudah banyak dana yang dikucurkan maka dari itu pembanguan didesa ini harus ada pemantaun, yang mana ini bisa dilakukan oleh mahasiswa yang ada di masing - masing desa, dari itulah seminar ini dilakukan, bukan hanya mereka menyetujui anggaran untuk ADD dan DD namun mereka juga menciptakan tidak adanya kades yang menjadi oknum dan tidak ada pembanguan yang terbengkalai, dengan bisa bantu mahasiswa untuk pemantauan dan juga pengawasan.

"Jika bukan pemuda mahasiswa yang akan peduli lingkungan maka siapa lagi, dari itu kita minta ini bisa dilakukan mahasiswa untuk membantu desa mereka bisa benar - benar maju," pungkasnya. (CE1/PRw)

Sumber: