Disnakertrans Bengkulu Kembali Buka Program Magang ke Jepang

Disnakertrans Bengkulu Kembali Buka Program Magang ke Jepang

Ilustrasi

BENGKULU, CE - Tahun ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Bengkulu membuka kembali program magang ke Jepang. Hal ini sebagaimana diungkapkan Kepala Disnakertrans Provinsi Bengkulu melalui Kabid Pelatihan dan Produktivitas Ketenagakerjaan, Jauhari yang menyatakan bahwa ini sebagai upaya untuk menekan angka pengangguran daerah.
"Tahun ini mudah mudahan kita akan kembali membuka program magang ke Jepang, dimana kita akan terus optimalkan progran ini setelah sebelumnya Bengkulu pernah masuk dalam daftar hitam dan sekarang sudah diperbolehkan kembali," sampainya.
Diakatakanya bahwa, terdapat empat jenis pelatihan yang tersedia saat di Jepang nanti. Diantaranya yakni di bidang otomotif, informasi dan teknologi, perangkat lunak elektronik, serta bangunan.
Lebih jauh ia mengatakan, bagi masyarakat yang ingin mengikuti program ini, bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu ke pemerintahan daerah masing-masing. Nantinya, kabupaten dan kota akan menyeleksi serta menguji kelayakan calon peserta yang telah menyerahkan berkas lamaran.
"Provinsi akan menyeleksi kembali bagi calon peserta yang dinyatakan lulus di tingkat kabupaten dan kota," ujarnya.
Sementara itu, Jauhari menyebutkan bahwa, masyarakat memiliki kesempatan yang besar untuk mengikuti program magang ini, sebab pemerintah pusat tidak membatasi target kuota. Dimana jumlah peserta yang akan diberangkatkan sendiri, bergantung pada keahlian atau kemampuan yang dimiliki calon peserta.
"Apabila ada 1.000 pendaftar dan dianggap berkompeten semua, maka akan dikirim seluruhnya," pungkasnya. (CE2)

Sumber: