Puskesmas SBI Tidak Miliki Dokter

Puskesmas SBI Tidak Miliki Dokter

SR/CE
UPT Puskesmas Kecamatan SBI

SBI, CE - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI) Kabupaten Rejang Lebong saat ini kekosongan tenaga dokter. Ini terjadi sejak bulan November tahun 2018 pasca dokter lama pindah tugas ke daerah lain. Demikian disampaikan Kepala Puskesmas SBI, Arlan Supriyadi.

"Sejak November 2018 hingga saat ini, Puskesmas kita tidak ada dokter," ujarnya kepada CE.

Menurut Arlan, dengan kosongnya tenaga dokter tersebut tentu berdampak pada pelayanan yang diberikan kepada masyarakat terutama yang ingin menjalani perobatan sehingga menjadi kendala.

"Tentu kendalanya saat kita mau melayani warga yang sakit khususnya bagi pasien Unit Kesehatan Perorangan (UKP)," sampainya.

Lebih jauh dikatakan Arlan bahwa bahwa kekosongan tenaga dokter tersebut pasca ditinggal dokter yang lama, pihaknya mengaku sudah menyampaikan permasalahan tersebut kepada pihak terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten RL. Hanya saja, hingga saat ini belum ada satupun adanya penetapan dokter di Puskesmas tersebut.

"Padahal Puskesmas sudah akreditasi, karena berdasarkan aturan Puskesmas akreditasi harus memiliki dokter tetap," katanya.

Meskipun demikian, Arlan menyampaikan bahwa pelayanan memang diberikan seperti biasa. Namun untuk penangangan warga yang sakit cukup serius atau penyakit khusus, Puskesmas tidak memiliki pegawai yang mumpuni di bidang tersebut.

"Dengan itu, kita berharap kepada Dinkes bisa menetapkan 1 dokter di Puskesmas SBI dengan harapan pelayanan kesehatan bisa dilakukan dan berjalan lancar seperti yang diharapkan masyarakat pada umumnya," pungkasnya. (SR1)

Sumber: