Musrenbangcam Fokus Kegunaan Dana Kelurahan

Musrenbangcam Fokus Kegunaan Dana Kelurahan

DOK/CE
Pelaksanaan Musrenbang di Desa Rimbo Recap

CURUP, CE - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rejang Lebong, Asli Samin mengatakan bahwa pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) akan fokus dalam kegunaan dana kelurahan yang saat ini dalam tahap pembuatan Perbup. Dimana ditargetkan sudah bisa berjalan pada Februari dan Maret mendatang.

"Mengingat untuk desa sendiri sudah agenda tahunan mereka sudah miliki APBDes sendiri berbeda dengan kelurahan yang baru akan menggunakan anggaran tersebut," katannya.

Lebih jauh Asli menyampaikan jika pada musrembang kecamatan maka dirinya dan tim akan turun langsung, namun kembali lebih menjadi aspek pembahan yakni dana kelurahan, mana saja yang bisa dikerjakan kelurahan atau itu yang menjadi kewenangan kebupaten atau bahkan sudah masuk dalam anggaran.

"Jadi hal ini yang akan disingkronkan dalam murembang tingkat Kecamatan dalam waktu dekat ini," sampainya.

Bukan hanya itu pihaknya juga meminta kepada kecamatan, kelurahan dan desa untuk benar-benar mengajukan dan mengusukan, usulan yang sejalan dan satu koridor dengan visi misi Pemkab Rejang Lebong, Rejang Lebong cerdas, Sehat, takwa dan sejahtera, sehingga seluruh usulan yang mereka buat harus sesuai dengan ini dan cakupan yang sudah ada.

"Misalnya soal kesejahteraan, yang mana Rejang Lebong fokus dalam pengembangan itik dan unggal lainnya, maka kelurahan jangan mengajukan budidaya kuda, hal ini yang memang menjadi hal perlu diperhatikan nantinya," jelasnya.

Yang mana diketahui sendiri jika musrembang tahun ini adalah panduan kita untuk pembangunan di tahun 2020, yang masuk dalam Rencana Kerja Menengah (RKM) pihaknya. Sehingga usulan tahun depan itu khusus untuk desa dan kelurahan yang sudah memperhitungkan pembanguan setelah tahun ini.

"Usai itu baru akan seluruhnya dibawa ke musrenbang Kabupaten," terangnya.

Dengan itu maka pihaknya kembali menyampaikan jika dalam musrenbang nantinya mereka diminta aktif menyampaikan kebutuhan yang memang menjadi kendala, dan sudah berpikir apa yang akan terjadi pada tahun 2020 dan pembangunan apa saja yang dibutuhkan. (CE1)

Sumber: