Sekolah Diminta Segera Update Dapodik

Sekolah Diminta Segera Update Dapodik

Nusirwan

CURUP, CE - Pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong meminta kepada seluruh sekolah yang ada di ReL untuk segera melakukan Update Data Pokok Pendidikan (Dapodik) seluruh sekolah, yang mana hal ini adalah persiapan untuk Ujian Nasional (UN) di RL.

"Sebagian sudah melakukan tinggal beberapa sekolah saja yang belum khususnya untuk sekolah SD," sampai Kabid Pembinaan SD Nusirwan SPd, kemarin di Rejang Lebong,

Lebih jauh Nusirwan menyampaikan jika seluruh data dapodik peserta UN sudah di kirim kementerian pendidikan pusat, yang mana akan segera dilakukan verifikasi dan singkronisasi. Data sendiri adalah bentuk kesiapan yang pertama harus dilakukan sehingga berapa siswa yang nantinya ikut UN akan diketahui dan di verifikasi.

"Untuk itu juga kami ingatkan jangan sampai ada kesalahan," katanya.

Dikatakan dirinya jika memang nantinya masih ada yang menjadi pertanyaan mengenai pengentrian data dapodik, maka pihaknya menyarankan sekolah untuk bisa berkoordinasi dengan operator yang ada pada Dikbud guna menghindari kesalahan.

"Silahkan berkonsultasi pada operator ataupun pada saya, yang mana saya juga akan mengarahkan pada operator dinas," ungkapnya.

Dengan data tersebut nantinya sudah muktahir maka dalam kegiatan UN mendatang, tidak akan didapati kesalahan soal ataupun nama dan asal sekolah, yang selama ini cukup sering terjadi. Dengan itu, pihaknya kembali minta segera lakukan update dapodik.

"Jangan sampai data nantinya menghambai proses UN," jelasnya.

Serta pihaknya sendiri sudah mulai meminta kepada sekolah untuk mempersiapkan teknis kesiapan yang lainya, mulai dari TO, ataupun simulai TO, soal TO, yang mana ini sendiri akan dilakukan oleh K3S yang ada di Rejang Lebong.

"Kesiapan ini juga kita sudah mulai minta mereka lalukan, namun terpenting yakni update Dapodik," tandasnya. (CE1)

Sumber: