Khawatir Pondasi Jembatan Amblas

Khawatir Pondasi Jembatan Amblas

HAJROLLAH/CE
Salah seorang menunjukkan kondisi pondasi jembatan yang sudah mulai menggantung akibat tergerus oleh arus sungai.

CURUP UTARA, CE - Warga Dusun 1 Desa Tabarenah Kecamatan Curup Utara merasa khawatir dengan kondisi jembatan yang ada didesanya amblas. Padahal jembatan tersebut merupakan jembatan menuju talang gambir. Kekhawatiran amblas lantaran tergerus air sungai pondasi jembatan tersebut sudah mulai menggantung dan jika dibiarkan tidak menutup kemungkinan pondasi jembatan tersebut amblas terutama saat arus sungai besar.

Seperti yang disampaikan salah seorang warga sekitar, Medi (45) bahwa dirinya baru mengetahui kondisi pondasi tersebut setelah air sungai surut.

"Ya selama ini air sungai besar karna sering hujan jadi pondasinya terendam dan tidak terlihat, tapi setelah surut saya baru tahu kalau pondisinya sudah nggantung," katanya.

Medi juga menambahkan bahwa selain masalah pondasi, masalah lebar jembatan yang sempit juga menjadi keluhan warga sekitar karna rawan kecelakaan.

"Ya sudah itu jembatan ini terlalu kecil jadi sering orang serempetan di sini terutama saat anak pergi sekolah," ujarnya.

Sementara Kades Tabarenah, Komi Ariadi mengatakan bahwa jembatan tersebut merupakan jembatan kabupaten maka pihaknya akan berkoordinasi ke pendamping desa terkait perbaikan pondasi jembatan tersebut supaya tidak terjadi kesalahan penggunaan anggaran.

"Supaya tidak menyalahi aturan nanti kita akan tanyakan pada pendamping desa apakah dana desa bisa digunakan kesana atau tidak karena itu merupakan jembatan kabupaten," jelasnya.(CW1).

Sumber: