Komisi I Sidak Gedung RSUD Jalur Dua, Pastikan Pelayanan Aman

Komisi I Sidak Gedung RSUD Jalur Dua, Pastikan Pelayanan Aman

DOK/CE
Gedung RSUD Jalur Dua Rejang Lebong.

CURUP, CE - Komisi I DPRD Rejang Lebong menjadwalkan pelaksanaan inspeksi mendadak (sidak) ke gedung RSUD Jalur Dua Kelurahan Durian Depun Kepahiang. Hal ini pasca tengah dilakukan pemindahan pelayanan dari RSUD Curup ke RSUD Jalur Dua. Disisi lain sidak naninya jelas untuk memastikan jika pelayanan di RSUD Jalur Dua bisa aman dan lebih maksimal.

"Kita dalam waktu dekat ini akan melihat ke RSUD Jalur Dua guna pastikan fasilitas kesehatan terpenuhi," kata Ketua Komisi I DPRD Rejang Lebong Untung Basuki, kemarin.

Untung Basuki menyampaikan jika hal ini pihaknya ingin pastikan jangan sampai perpindahan justru nantinya membuat pelayanan terganggu atau tindak kesehatan justru merugikan masyarakat. Dicontohkan pihaknya seperti Lab dan ronsen jelas sudah harus pindah atau memang jika belum pindah harus ada dua di RSUD tersebut dan di RSUD Curup, yang mana jangan sampai pasien ketika ingin cek darah harus ke RSUD curup lagi, dan pada saat ronsen harus ke RSUD Curup.

"Yang seperti ini yang ingin kita pastikan dan juga ingin memastikan kebutuhan yang lainya terpenuhi," bebernya.

Lebih jauh dikatakan Untung jika pemindahan tersebut sendiri akan dilakukan secara bertahap. Namun pihak RSUD Curup sempat menyampaikan pada pihaknya jika akan memaksimalkan gedung yang ada dan akan berupaya dipenuhkan sepenuhknya. Hal tersebut tidak masalah jika tetap pada standar dan produr dan tidak membuat palayanan tidak maksimal.

"Hal ini silahkan saja jika memang bisa pindah seluruhnya kenapa tidak," ungkapnya.

Disisi lain mengenai fasilitas alat kesehatan sendiri pihak DPRD mengatakan jika masyarakat tidak perlu khawatit, mengingat tahun 2018 lalu, pihaknya telah menyetujui puluhan miliar untuk Alat kesehatan, dan begitu juga pada tahun ini juga akan ada penambahan alat kesehatan.

"Untuk alat kesehatan ini lebih dari Rp 20 miliar sudah teranggarakan dan sudah dilakukan pengadaan sejak dua tahun lalu," ungkapnya.

Disamping itu warga sekitar RSUD Jalur Dua Yuli (28) menyampaikan jika adanya pemindahan tersebut jelas membuat lokasi tersebut lebih ramai, namun pihaknya minta jika bisa tambahkan lampu jalan agar akses menuju lebih terang.

"Jadi menuju rumah sakit juga lebih enak, lampu jalan ini perlu untuk penerangan," pungkasnya. (CE1)

Sumber: