Berdayakan Karang Taruna

Berdayakan Karang Taruna

Ilustrasi Karang Taruna

CURUP, CE - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Rejang Lebong tahun ini bakal memberdayakan dan menghidupkan kembali tarang taruna yang ada di desa maupun kelurahan. Karena selama ini, karang taruna dinilai kurang aktif.

Kepala Dinsos Kabupaten RL, Zulfan Effendi SE mengatakan bahwa kedepan, pihaknya akan memberdayakan karang taruna karena perannya dinilai sangat penting. Menurutnya, kedepan pihaknya akan melibatkan karang taruna dalam halnya untuk kegiatan sosial baik yang ada di desa maupun yang ada di kelurahan.

"Kita berupaya untuk menghidupkan kembali tarang taruna, dan akan kita berdayakan," ujarnya.

Disampaikan Zulfan bahwa selain akan melibatkan karang taruna pada bidang sosial, pihaknya juga berupaya agar karang taruna juga dilibatkan dalam sektor ekonomi dan sektor lainnya terlebih perannya sangat dibutuhkan dalam pembangunan daerah. Karena selama ini, karang taruna hanya aktif pada saat menjelang kemerdekaan setelah itu selesai.

"Kita ingin karang taruna ini bukan hanya terlibat hanya pada moment-moment tertentu, namun ada kegiatan rutin yang dilakukan," sampainya.

Sementara itu Zulfan menuturkan bahwa pihaknya juga mencoba untuk berkoordinasi dengan Dinas PMD, untuk meminta desa agar ikut mengembangkan organisasi kepemudaan yang ada di desa termasuk karang taruna agar ikut diberdayakan.

"Karena anggaran melalui DD dan ADD juga terbilang besar. Jika tidak menyalahi, DD juga bisa untuk membantu pengembangan sekaligus pemberdayaan karang taruna. Karena karang taruna juga memiliki peran penting dalam mencegah kenakalan remaja baik di desa maupun di kelurahan," pungkasnya. (CE5)

Sumber: