Petani Minta Pasarkan Hasil Panen

Petani Minta Pasarkan Hasil Panen

Ilustrasi

CURUP, CE - Para petani didesa Rimbo Recap Kecamatan Curup Selatan berharap pemerintah tidak hanya membantu sarana dan prasarana pertanian saja. Melainkan juga pemasaran hasil pertanian juga sangat penting karena selama ini walaupun hasil panen meningkat tetapi karna belum mempunyai pasar tetap maka belum terlalu berdampak pada kesejahteraan petani.

"Ya dengan adanya bantuan berupa bibit, pupuk dan juga alat-alat pertanian dari pemerintah hasil para petani cukup meningkat dari sebelumnya 5 ton sekarang sudah mencapai 7 ton," ujar Ketua Poktan Harapan Maju, Iing Tiga.

Iing juga mengatakan walaupun hasil panen naik karena para petani tidak memiliki pasar tetap mengakibat kesejahteraan petani tidak berubah.

"Ya kami para petani ini kesulitan dalam hal pemasaran hasil panen sedangkan saat musim panen harga sering mengalami penurunan yang cukup tinggi," sampainya.

Sementara itu Kades Rimbo Recap, Ruhiyat mengatakan bahwa kelompok tani di wilayahnya cukup banyak dan aktif. Dimana kelompok tani bapak-bapak berjumlah 7 kelompok, Kelompok tani wanita ada 2 kelompok dan ada kelompok tani pemuda itu satu kelompok dan semuanya masih aktif.

"Akan tetapi untuk saat ini bantuan yang ada masih sangat minim seperti handtraktor itu hanya ada 4 unit sehingga tidak semua petani dapat menggunakan alat terebut bahkan ada yang menyewah kontraktor milik petani untuk pengolahan lahan sebelum melakukan penanaman," katanya.

Ruhiyat juga berharap pemerintah tidak hanya membantu bahan dan sarpras melainkan sosialisasi terkait pertanian juga sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan para petani.

"Ya kalau bisa tidak hanya masalah bibit dan alat pertanian saja melainkan sosialisasi tentang pertanian hingga penggunaan teknologi termasuk untuk pemasaran hasil panen," pungkasnya.(CW1)

Sumber: