Irigasi Butuh Pengurasan

Irigasi Butuh Pengurasan

RANDES/CE
Lokasi persawahan di desa Rimbo Recap.

CURUP, CE - Saluaran irigasi yang ada di Kelurahan Air Putih Baru butuh pengurasan oleh alat berat. Ini karena irigasi tersebut sudah mengalami pengendapan hingga satu meter lebih. Sumber air dari Irigasi tersebut banya warga Desa yang membutuhkannya terutama warga petani yakni warga tani Desa Rimbo recap, Kelurahan Air Putih Baru, Suka Marga dan Desa Lubuk Ubar.

Disampaikan Kades Rimbo Recap Ruhiyad, bahwa pihak Desa sudah mengusulkan ketingkat PUPR karena masyarakat tani yang ada di Desa sering melakukan gotong royong di siring primer yang ada di Air putih karena kondisi irigasi tersebut sudah pengendapan sekitar satu meter lebih.

"Irigasi yang ada di Kelurahan Air putih Baru tersebut sudah pengendapan sehingga debit air yang masuk kelahan persawahan warga sangat sedikit," sampainya.

Dirinya juga mengatakan dengan terjadinya pengendapan sekitar satu meter lebih tersebut, juga saat ini debit airnya sangat kecil hinggga airnya lebih banyak terbuang dari pada masuk kewilayah persawahan warga desa, tak hanya warga desanya saja yang memanfaatkan air tersebut tetapi juga warga desa yang lainnya juga memanfaatkannya.

"Air banyak yang terbuang dari pada masuk kelokasi lahan persawahan warga," ujarnya.

Dijelaskannya bawwa yang memanfaatkan air irigasi tersebut selain dari desanya juga desa tetangga seperti warga tani Desa lubuk Ubar, Kelurahan Air Putih Baru dan Desa Suka Marga. Kama pihak desa memohon seperti dimasukan alat berat untuk pengurasan irigasi tersebut. Kalau ada lat berat masyarakat dari yang memanfaatkan air tersebut, juga akan ikut berpartisipasi ikut menguras irigasi tersebut.

"Irigasi tersebut yang mengalami pendangkalan atau pengendapan tersebut banyak warga desa yang lainnya juga memanfaatkannya, maka pihak desa minta agar ada alat berat untuk menguras irigasi tersebut," tandasnya. (SR4)

Sumber: