Kualitas Sayur Ekspor Aman Dikonsumsi

Kualitas Sayur Ekspor Aman Dikonsumsi

Solahudin SP

CURUP, CE - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Rejang Lebong menjamin jenis sayur yang akan di ekspor ke Malaysia sudah aman baik dari kualitas maupun kandungan zat yang terdapat di jenis sayuran tersebut, seperti kadar residu pestisida.

Menurut Plt Kepala DKP, Solahudin SP melalui Kabid Keamanan Pangan, Ir Chairunas bahwa pihaknya sudah melakukan sertifikasi terhadap keamanan pangan sesuai permintaan investor.

"Seperti terong setelah kita lakukan uji lab terhadap sampel yang kita ambil maka dari hasil itu kita dapat melihat apakah zat pestisida yang terkandung berbahaya atau tidak, dan jika zat yang terkandung sudah sesuai standar maka itu akan kita keluarkan sertifikasinya," katanya.

Chairunas juga menambahkan bahwa saat ini sudah ada beberapa jenis sayuran yang sudah dikeluarkan sertifikasi aman konsumsi,akan tetapi pihaknya juga bakal melakukan uji sampel terhadap jenis sayuran ataupun hasil pertanian lainnya sesuai permintaan.

"Tomat, buncis, cabe, bunga kol, wartel, kentang dan terong itu sudah kita keluarkan sertifikasi keamanannya, dan apabila ada permintaan investor dan ternyata belum ada sertifikasi keamanannya maka akan kita lakukan proses sertifikasinya," sampainya.

Lanjut Chairunas dengan adanya peminat dari luar terhadap hasil pertanian di Rejang Lebong harus dimanfaatkan oleh para petani termasuk dinas terkait untuk meningkatkan perekonomian.

"Ya dengan adanya permintaan dari malaysia terhadap hasil pertanian berupa sayuran itu menjadi bukti bahwa hasil pertanian kita memiliki daya tarik dan hal ini harus dimanfaatkan oleh para petani dan juga dinas pertanian untuk meningkatkan hasil produksi pertanian yang di minati sehingga dapat berdampak pada kesejahteraan para petani," pungkasnya. (CW1)

Sumber: