Rumah Warga Terancam Longsor

Rumah Warga Terancam Longsor

RANDES/CE
Kades saat menunjukkan kondisi rumah warga yang terancam longsor

CURUP, CE - Sejumlah rumah warga yang ada di Desa Tanjung Dalam Kecamatan Curup Selatan saat ini terancam longsor. Pasalnya, rumah warga berada di pinggir sungai yang rentan tergerus air. Bahkan ada rumah warga dengan ketinggian 16 meter lebih dari dasar sungai.

"Ditambah lagi dengan kondisi tanah yang lembut dan saat ini musim hujan sehingga mengkhawatirkan terjadi longsor terhadap beberapa rumah," ujar Kades Tanjung Dalam, Betnan kepada CE.

Dijelaskannya bahwa rumah warga yang terancam dengan bencana longsor tersebut, pihak pemerintah desa setiap tahun mengusulkan pembangunan untuk mengantisipasi longsor, Bahkan dalam musrenbang tingkat kecamatan sudah diusulkan bronjong dan pelapis tebing tetapi sampai saat ini belum ada respon yang baik untuk membangun di pinggir sungai tersebut.

"Kalau untuk mengusulkan, kami setiap tahun mengusulkan tetapi belum ada realisasinya," sampainya.

Sementara itu bahwa rumah warga yang terancam bencana longsor sepanjang 130 meter. Pihak pemerintah desa juga pernah mencoba untuk membangun dengan dana yang disalurkan ke desa yakni dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD), sudah diperkirakan tidak akan tercover.

"Rumah warga yang terancam bencana longsor yakni rumah Amna, Alfajar, Aswan, Pauzan, Nurbaya dan termasuk mesin heler," tandasnya. (SR4)

Sumber: