DRD Diharapkan Bisa Petakan Permasalahan Masyarakat

DRD Diharapkan Bisa Petakan Permasalahan Masyarakat

Dr H Rohidin Mersyah

BENGKULU, CE - Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah berharap agar Deean Riset Daerah (DRD) harus dapat memetakan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Hal ini sebagai komitmen pengoptimalan pelayanan publik dan juga penentuan kebijakan pemerintah untuk kepentingan masyarakat.

"Kedepan kita harus berkomitmen terus mengoptimalkan pelayanan publik, seperti halnya terkait sektor kebijakan pemerintah dengan kepentingan masyarakat," ungkapnya.

Dikatakannya bahwa, sebagai mitra pemerintah daerah dalam mensinergikan antara kebijakan pemerintah dengan kepentingan masyarakat, DRD wajib memperhatikan tupoksinya. Termasuk juga dalam menemukan solusi terhadap problem/ permasalahan kompleks ditengah masyarakat.

"Ini kan membutuhkan koordinasi dan sinergi yang betul-betul optimal. Maka saya kira teman-teman DRD bisa masuk duluan, bisa mengidentifikasi masalahnya apa, kemudian pihak-pihak terkait ini siapa, kepentingan mereka itu apa dan bagaimana," ujarnya.

Menurut Rohidin permasalahan kompleks tersebut jelas, misalnya seperti penanganan kasus sengketa lahan/ tanah, persoalan persuasive yang berhubungan dengan kabupaten/kota dan penataan kawasan. Sehingga nanti Gubernur dapat turun sebagai pemegang kebijakan itu sudah betul-betul tahapanya jelas.

Terpisah Ketua DRD Provinsi Bengkulu, Panji Suminar menyatakan bahwa memang beberapa permasalahan yang terjadi antara pemerintah daerah, masyarakat dan pihak terkait lainnya memerlukan mediasi khusus dan dilakukan penanganannya secara lebih hati-hati serta multi pedekatan. Dimana keberadaan DRD Provinsi Bengkulu bersifat adhock dan non struktural, pihaknya yang terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan dan pengalaman serta stake holder, siap menyumbangkan pemikiran, memberikan saran terkait kebijakan dan perencanaan pembangunan.

"Saat ini juga kita juga telah menyiapkan tim untuk terjun langsung ke lapangan. Mendapatkan respon baik dari pemerintah kabupaten/kota, dalam waktu dekat DRD tingkat kabupaten/kota juga akan dibentuk," tandasnya. (CE2)

Sumber: