Irigasi Butuh Pembangunan

Irigasi Butuh Pembangunan

RANDES/CE
Kondisi irigasi di jalan utama desa Rimbo Recap yang belum tersentuh bangunan.

CURUP, CE - Irigasi dijalan utama yang ada di Desa Rimbo Recap Kecamatan Curup Selatan membutuhkan pembangunan. Pasalnya irigasi di jalan utama di sepanjang Desa tersebut sebagian sudah ada pembangunan pada saat program PNPM dulu dan ada sebagian irigasi yang belum tersentuh pembangunan.

Dikatakan Kades Rimbo Recap Ruhiyat, bahwa irigasi atau siring dipinggir jalan utama di desanya pelu pembangunan, keran ada sebagian irigasi dipingggir jalan utama Desa tersebut belum ada sama sekali pembangunannya. Selain itu irigasi yang sudah ada pembangunannya tersebut di bangun pada program PNPM dulu.

"Sebagian irigasi di pinggir jalan utama belum ada sentuhan bangunan," katanya.

Ruhiyat menjelaskan dengan kondisi irigasi pada saat sekarang sering terjadi pengendapan terus, aliran air tersebut dari persawahan warga. Selain itu air tersebut selain desanya yang memanfaatkannya juga kalau airnya lancar akan mengaliri persawahan Desa Lubuk Ubar, kalau airnya lancar sangat membantu kelancaran air sawah.

"Air tersebut sering terjadi pengendapan hingga masuk ke jalan," ujarnya.

Aliran air irigasi pada saat sekarang tidak karuan yakni melimpah kejalan makam hingga terbuang saja tidak ada manfaatnya, itupun tidak melewati irigasi yakni melewati jalan raya. Dikatakannya bahwa kondisi irigasi yang sudah dibangun pada saat program PNPM dulu kalau mobil truck melewati pinggirnya kan pecah.

"Kalau pada saat hujan air irigasi tersebut masuk kejalan hingga sampai ke lutut orang dewasa," tandasnya. (SR4)

Sumber: