Stok Darah Berlimpah, Khusus Golongan O

Stok Darah Berlimpah,  Khusus Golongan O

DOK/CE
Kantor PMI Rejang Lebong.

CURUP, CE - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Rejang Lebong, Hendra Wahyudiansyah, SH melalui Waka VI, Aero Septa Negara, AMdKep mengatakan bahwa dari 72 kantong stok darah yang ada di PMI. Sebanyak 32 kantong merupakan stok darah golongan O dan 17 kantong golongan darah A, 16 kantong darah golongan B dan yang paling sedikit 6 kantong darah golongan AB.

"Ya saat ini yang paling banyak itu golongan darah O," sampainya.

Aero menegaskan bahwa stok darah tidak dapat di jadikan pedoman dalam waktu lama karena stok dapat berkurang dan bertambah sewaktu-waktu.

"Ya setiap hari stok darah kita ini selalu berubah walaupun tidak keseluruhan misalnya Stok darah A kita hari ini 16 ternyata siang atau sore ada pasien yang membutuhkan 2 kantong otomatis besok stok kita pasti berkurang begitupun jika ada pendonor maka stok kita pasti bertambah," terangnya.

Aero juga mengatakan bahwa stok darah tersebut didapat dari kerjasama PMI dengan pemerintah Rejang Lebong dan yang sudah rutin melakukan donor darah dari pihak satpol PP.

"Ya ada pendonor yang datang langsung kesini seperti satpol pp itu sudah rutin 3 bulan sekali dan ada juga yang langsung kita datangi kedinas-dinas untuk melakukan donor darah," ujarnya.

Lanjut Aero untuk penyaluran stok darah kepada pasien yang membutuhkan pihaknya melakukan dua mekanisme pertama secara gratis dan yang kedua menggunkan biaya.

"Ya kalau pasiennya mempunyai kartu BPJS maka biayanya ditanggung oleh pihak BPJS sedangkan untuk pasien yang umum maka kita kenakan biaya sebesar RP. 250 Ribu/kantong, biaya tersebut bukan biaya untuk beli darah melainkan untuk mengganti biaya yang kita keluarkan saat mengecek darah para pendonor," katanya.(CW1)

Sumber: