Jatah Vaksin Rabies Diprediksi Berkurang

Jatah Vaksin Rabies Diprediksi Berkurang

Ilustrasi

CURUP, CE - Pihak Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) mengatakan bahwa untuk jumlah vaksinasi rabies tahun ini belum dapat di pastikan bahkan diperidiksi bakal berkurang karena tahun pemilu.hal ini disampaikan Kepala Upt Puskeswan Drh Firi Asdianto.

"Ya kalau tahun sebelumnya kita mencapai 16.000 vaksin dimana 2.000 itu dari APBD kita dan 14.000nya itu bantuan dari provinsi dan pusat," sampainya.

Firi mengatakan untuk bantuan dari Provinsi dan pusat biasanya itu pada bulan april akan tetapi dirinya tidak bisa menjamin jika bantuannya akan sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Ya kalau biasanya bulan 4 tapi dak tau berapo bisa saja berkurang karna sekarang kan mau pemilu," katanya.

Lanjut Firi pihaknya hanya menangani permasalahan vaksin dalam skala besar sedangkan untuk unggas hanya penanganan Flu Burung.

"Ya kalau kita ini hanya menangani seperti Rabies, Sapi ngorok, vaksin untuk sapi bali dan masih ada beberapa jenis vaksin lainnya sedangkan untuk jenis unggas kita hanya bersifat pengendalian lingkungan apabila terdapat gejala flu burung seperti penyeprotan sedangkan untuk vaksin unggas sendiri itu dilakukan oleh pemiliknya karena vaksin unggas mudah didapat dan dijual bebas di toko pakan ternak," pungkasnya.(CW1)

Sumber: