Pasca Bencana, Gubernur Terima Usulan Strategis

Pasca Bencana,  Gubernur Terima Usulan Strategis

BETA/CE
Rapat koordinasi se Provinsi Bengkulu pasca bencana di Balai Semarak Provinsi Bengkulu.

BENGKULU, CE - Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah menerima beberapa usulan strategis pasca bencana. Usulan tersebut diantaranya yakni terkait dengan pembangunan jalan alternatif evakuasi bencana dari Kabupaten Bengkulu Tengah Menuju Kabupaten Kepahiang.

"Ada tadi usulan yang sangat bagus terkait dengan pembuatan jalur evakuasi nasional di perbatasan Benteng dan Kepahiang yang sering terputus akibat bencana," sampai Gubernur usai pelaksanaan rapat koordinasi lintas sektor se-Provinsi Bengkulu yang dilaksanakan di Balai Semarak Provinsi Bengkulu Senin (27/5) kemarin.Gubernur juga menerima usulan terkait dengan ketersediaan air bersih dan juga pengoptimalan pengelolaan DAM PLTA Musi. Termasuk juga menyiapkan kecukupan ketersediaan air bersih bagi masyarakat di daerah rawan bencana.

"Selain itu normalisasi sungai juga menjadi salah satu hal yang menjadi usulan strategis daerah. Termasuk juga tadi ada usulan dari kota Bengkulu yang mengusulkan untuk adanya pembebasam lahan untuk pembangunan DAM, dalam rangka normalisasi aliran sungai," kata Gubernur.
Sementara itu, untuk langkah strategis yang akan dilaksanakan oleh Pemprov Bengkulu kedepan diantaranya yakni dengan melakukan penanaman pohon secara serentak. Selanjutnya juga akan ada sosialisasi langsung kepada masyarakat terkait dengan pendidikan kebencanaan.
"Nanti juga akan ada perekrutan satgas bencana di tingkat desa yang mungkin akan dapat diakomodir oleh masing-masing Kabupaten/Kota," ujarnya.Lebih jauh Gubernur menyatakan bahwa melalui rapat kemarin pihaknya juga sudah menerima semua usulan pembangunan dan juga kerusakan yang perlu penanganan dari setiap daerah terdampak bencana. Dimana data tersebut sudah diterima oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan akan dibahas nanti dalam rapat khusus dengan pemerintah pusat. (CE2)

Sumber: