Momentum Paripurna Istimewa HUT Kota Curup ke-139, Ayo Lestarikan Budaya Adat Rejang

Momentum Paripurna Istimewa HUT Kota Curup ke-139,  Ayo Lestarikan Budaya Adat Rejang

IKE/CE
Foto bersama usai pelaksanaan paripurna istimewa HUT Kota Curup ke-139 kemarin.

CURUP, CE - Usia Kota Curup yang ke-139 tahun, bukanlah umur yang muda. Usia tersebut adalah usia yang sangat matang untuk suatu kabupaten. Dengan kondisi itu Ketua DPRD Rejang Lebong M Ali ST meminta kepada masyarakat untuk terus bersama - sama melestarikan adat dan istiadat Rejang Lebong, yakni adat Rejang sesuai dengan ada yang dijunjung di Rejang Lebong. "Jika bukan kita siapa lagi yang akan melestarikannya, jangan sampai semakin tua usai budaya kita semakin terkikis," sampai Ali.Menurut Ali, melestarikan budaya bukan hanya sekadar omongan, namun juga dengan seluruh rangkaian kegiatan HUT yang akan dilakukan usai lebaran pada 16 Juni mendatang benar - benar dimanfaatkan untuk mengenalkan budaya dan adat istiadat, yang didalamnya juga banyak festival adat yang ada di Rejang Lebong.

"Yang mana dengan tujuan jika minta seluruh elemen masyarakat bisa membantu mensuksekan momen ini dan bisa mendapat ilmu pengetahuan tetang sejuah mana budaya Rejang di Curup ini," terangnya.Dikatakan Ali jika hal ini dilakukan, maka Rejang Lebong benar - benar menjadi Curup Kota Idaman sesuai dengan sebutannya. "Karena akan benar - benar memberikan kenyamanan untuk mereka yang berkunjung ke Rejang Lebong, sesaui dengan visi misi pemkab Rejang Lebong sehat, cerdas, takwa dan sejahtera. Jadi seluruhnya kita evaluasi kinerja kita untuk lebih memajukan kabupaten Rejang Lebong," katanya.Sementara Bupati Rejang Lebong Dr H Ahamad Hijazi SH MSi dalam paripurna HUT Curup ke 139 menyampaikan jika pihaknya saat ini terus menggali potensi budaya yang ada di Reajang Lebong. Hal ini untuk menunjukan nilai seni dalam masyarakat Rejang Lebong, yang mana hal ini untuk mecegah budaya atau adat ditinggalkan oleh masyarakat.
"Dari itu dalam festival budaya ada berbagai lomba yang berhubungan dengan adat," ungkapnya.Serta dirinya juga menyampaikan jika pihaknya terus mengupayakan seluruh pembanguna di Kabupaten Rejang Lebong dalam bidang apapun, terlebih untuk program visi dan misi pemkab Rajang Lebong, Wisata, Pendidikan dan Religius dengan pengalokasi dana pada bidang ini seluruhnya sudah lebih dalam standar yang ada.
"Jadi kedepan juga apa yang kurang akan terus kami benahi untuk terus memajukan Rejang Lebong," ujarnya.Sementara itu Perwakilan Gubernur Bengkulu yakni Staf ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Provinsi Bengkulu, Muslih menyampaikan ucapan selamat HUT Curup Ke 139, yang dalam hal ini dirinya mengajak untuk bisa senantiasa menggunakan momentum HUT Curup, sebagai kesempatan membangun komitmen agar benar - benar muncul semangat dan memotivasi untuk mengabdi memberikan pengapdian yang lebih baik untuk daerah dimasa yang akan datang. (CE1)

Sumber: