Petugas Temukan 1 Penumpang Travel Bersuhu Tinggi 38,4 Derajat

Petugas Temukan 1 Penumpang Travel Bersuhu Tinggi 38,4 Derajat

MAWI/CE
Salah satu mobil travel yang terpaksa putar balik ke daerah asal

PUT, CE - Satu unit Travel Lubuklinggau tujuan Bengkulu, Kamis (30/4) pagi terpaksa putar balik. Dalam operasi Ketupat Nala dan Larangan Mudik tahun 2020 sesuai dengan Permenhub Nomor 25 tahun 2020.


Pantauan CE di pos perbatasan Lubuklinggau - Rejang Lebong, 1 unit Travel jenis Avanza hendak melakukan perjalanan menuju Bengkulu dengan muatan 4 penumpang. Setelah sampai di posko perbatasan seluruh penumpang termasuk sopir travel dilakukan pemeriksaan kesehatan. Namun 1 dari 4 penumpang tersebut memiliki suhu tubuh yang tinggi mencapai 38,4 derajat yang rentang dengan salah satu ciri-ciri gejala Covid-19. Melihat hal yang tidak wajar, petugas kesehatan lantas berkoordinasi dengan pihak Polres Rejang Lebong yang berjaga di lokasi. Hingga akhirnya mobil Travel tujuan Bengkulu tersebut terpaksa putar balik. Hal ini sejalan dengan larangan mudik yang keluarkan oleh pemerintah.
Dikonfirmasi CE, Kapolres Rejang Lebong AKBP Dheny Bhudiono SIK MH melalui Kasat Lantas Iptu Aan Setiawan mengatakan bahwa pihaknya hanya menegakkan peraturan pemerintah terkait larangan mudik sesuai Permenhub nomor 25 tahun 2020.
"Kita disini menjalankan kebijakan pemerintah terkait larangan mudik baik angkatan darat dan laut. Sedangkan untuk ditemukan ada penumpang yang bersuhu tinggi 38,4 itu memang kewajiban petugas medis. Sedangkan kita hanya mengimbau dan memberi tahu," pungkasnya. (SR/1)

Pemeriksaan dan pengecekan suhu tubuh

Sumber: