Sekolah Diimbau Jangan Paksakan Beraktivitas, Ditengah Pandemi Covid-19

Sekolah Diimbau Jangan Paksakan Beraktivitas, Ditengah Pandemi Covid-19

BENGKULU, CE - Tidak lama lagi tahun ajaran baru 2020/2021 akan segara dimulai. Terkait hal ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Bengkulu mengimbau agar sekolah yang masih berada di wilayah zona orange dan Merah agar tidak memaksakan diri untuk beraktivitas.
"Untuk memulai New Normal ini harus secara bertahap, untuk tahun ajaran baru Sesuai dengan imbauan dari Kemendikud RI, bagi sekolah yang di daerahnya masih masuk zona merah dan orange diminta untuk tidak maksakan diri," ujar Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu, Jaduliwan pada Kamis (2/7) kemarin.
Sedangkan untuk sekolah yang memang sudah dinyatakan sebagai zona hijau, sudah bisa siap-siap melakukan aktivitas sekolah seperti biasa.
"Untuk yang zona hijau, ini diperbolehkan melakukan aktivitas. Karena resikonya memang cukup kecil," kata Jaduliwan.
Diketahui bahwa saat ini hanya ada 3 Kabupaten di Provinsi Bengkulu yang telah ditetapkan sebagai zona hijau. Diantaranya yakni Kabupaten Lebong, Mukomuko dan Seluma.
Kendati demikian, Sekolah tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Termasuk juga mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk mencegah adanya potensi penyebaran virus Covid dimasa pandemi ini.
"Segala sesuatu yang berhubungan dengan protokol kesehatan harus disiapkan. Sekolah juga harus siap-siap untuk dinilai apakah sudah memenuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19," ujarnya.
Sementara itu, saat ini Pemprov Bengkulu juga sedang menyiapkan kajian terkait dengan petaan resiko wilayah terhadap kasus epidomologi dari segi fasilitas kesehatan. Dimana saat ini ada beberapa tatanan yang sedang dilakukan survei oleh Gugus Tugas. Diantaranya yakni Perkantoran, Pasar, Hotel, Tempat Wisata, Rumah Makan dan juga Sekolah.
"Untuk menentukan kajian penerapan protokol kesehatan untuk penerapan mew normal, beberapa tatanan sedang kita kaji. Mudah-mudahan dalam waktu dekat selesai dan akan kita sampaikan hasilnya," ungkap Jaduliwan.
Untuk diketahui saat ini total kasus Positif Covid-19 di Provinsi Bengkulu menjadi 130 kasus, dengan bertambahnya 1 kasus laki-laki usia 60 tahun asal kota Bengkulu kemarin. Sedangkan untuk kasus konfirmasi yang dinyatakan sembuh juga bertambah 1 orang, yakni kasus 101. Sehingga total kasus konfirmasi yang dinyatakan sembuh hingga saat ini berjumlah 91 orang. (CE2)

Sumber: