Empat Desa Jadi Sample Pemeriksaan BPKP, Soal Realisasi DD/ADD

Empat Desa Jadi Sample Pemeriksaan BPKP, Soal Realisasi DD/ADD

LEBONG, CE - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Bengkulu sedang memeriksa 4 Desa di Kabupaten Lebong. Adapun pemeriksaan tersebut belakangan diketahui berkaitan dengan realisasi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2019 dan tahun 2020.
Diketahui juga, bahwa hal tersebut merupakan agenda rutin dari BPKP perwakilan Provinsi Bengkulu setiap tahunnya memeriksa desa di Kabupaten Lebong, pemeriksaan tersebut hanya beberapa desa saja yang menjadi sample. Dalam pemeriksaan desa dari BPKP secara bergantian, pada tahun ini empat desa yang diperiksa BPKP adalah Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan, Desa Pyang Mbik dan Sukau Rajo Kecamatan Amen, dan Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara.
Dikonfirmasi, Kadis PMDSos Lebong Reko Haryanto SSos MSi didampingi Kabid PMD Eko Budi Santoso SP mengatakan bahwa, penunjukan empat desa ini sebagai sampel pemeriksaan menurutnya atas permintaan dari BPKP itu sendiri.
"Secara materil di dalam kami tidak bisa sebutkan, tetapi sebagai gambaran umum ada beberapa administrasi," katanya.
Menurutnya, pemeriksaan oleh BPKP itu juga dalam rangka melakukan pengawasan. Bahkan, apabila ada sejumlah catatan maka harus segera diselesaikan.
"Pemeriksaan ini agenda rutin BPKP ke desa-desa.Tiap tahun digelar. Mulai dari realisasi DD dan ADD tahun anggaran 2019 dan 2020," tandasnya. (CE4)

Sumber: