Dayat – Nata dan Ujang – Daus Jalani Psikotes, Mirzan: Psikotes di Bengkulu

Dayat – Nata dan Ujang – Daus Jalani Psikotes, Mirzan: Psikotes di Bengkulu

CE ONLINE - Setelah dinyatakan diterima pendaftarannya sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang untuk periode 2020-2025 pada Minggu, (6/9) lalu. Senin, (7/9) kemarin dua pasangan bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang Dr. Ir Hidayatullah Sjahid, MM, IPU - H Zurdinata , S.IP (Dayat-Nata) dan Pasangan Ujang Syarifudin SE - H. Ir Firdaus Djailani, langsung berangkat ke Bengkulu tepatnya ke Hotel Mercure guna mengikuti serangkaian pemeriksaan kesehatan salah satunya Psikotes.
"Hari ini (Kemarin, red) kami KPU, belum ada agenda penting, karena hari ini (Kemarin, red), di Bengkulu tengah dilakukan pemeriksaan psikotes terhadal 2 pasang bakal colon yang sebelumnya sudah mendaftar ke KPU," ungkap Ketua KPU Kepahiang, Mirzan Pranoto.
Dijelaskannya, pelaksanaan pemeriksaan Psikotes dilaksanakan selama 1 hari, dengan melibatkan Ikatan Psikologi Indonesia, sebagai tim penguji.
"Kami hanya memfasilitasi tempat saja di Mercure Bengkulu, jika pelaksanaannya dilakukan oleh tim ahli dibidangnya," sampai Mirzan.
Masih dikatakan Mirzan, setelah melakukan pemeriksaan psikologi, masing-masing pasangan calon diagendakan kembali hari ini Selasa, (8/9) guna melaksanakan pemeriksaan kesehatan Jasmani di RSMY Bengkulu dan seterusnya pemeriksaan kesehatan rohani dan tes narkoba di RSJKO Soepraoto Bengkulu.
"Jika tidak ada perubahan waktu besok (Hari ini,red) dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan di RSMY Bengkulu," ungkap Mirzan.
Hasil pemeriksaan kesehatan yang saat ini sedang dijalankan kedua pasang calon, tegas Mirzan, nantinya menjadi pertimbangan KPU untuk menetapkan apakah Bakal calon ini memenuhi syarat sebagai calon atau tidak.
"Rangkaian pemeriksaan kesehatan ini syarat wajib bagi Bapaslon, karena hasilnya akan berpengaruh terhadap keputusan KPU Pasangan itu bisa ditetapkan sebagai calon atau tidak nantinya," ujarnya.
Masih dikatakan Mirzan, dalam waktu dekat ini pula pihaknya akan memulai melakukan pemeriksaan keabsahan dan kebenaran dari seluruh berkas administrasi yang sudah disampaikan masing-masing Bapaslon. Dalam melakukan pemeriksaan keabsahan berkas syarat pencalonan itu KPU Kepahiang juga akan melibatkan banyak pihak dalam hal ini Dikbud Kepahiang, Kemanag Kepahiang, Kejaksaan, Kepolisian dan pihak lain yang berhubungan terhadap keabsahan dokumen yang sudah disampaikan masing masing paslon ke KPU pada saat pendaftaran lalu.
"Yang dalam waktu dekat ini , agenda kami melajukan pemeriksaab keabsahan berkas syarat pencalonan, mulai dari Ijazah samapai dengan dokumen lainnya," tukas Mirzan. (CE7)

Sumber: