Pasien 14 Lewati Masa Isolasi

Pasien 14 Lewati Masa Isolasi

CE ONLINE - Meski baru dinyatakan konfirmasi Covid-19 Senin (7/9). Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang meyakini jika Pasien 14 yang masih berusia 6 tahun, sudah terpapar lebih dari 2 Minggu atau bersamaan dengan kedua orang tuanya (Pasien 12 dan 13).
Dikatakan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Dinkes Kepahiang, Wisnu Irawan, S.Kep, MM, hanya saja sampel Swab yang bersangkutan baru dilakukan uji PC PCR dalam berapa hari belakangan.
"Hasil Lab Kes, memang baru kami dapatkan, tapi pengambilan sampel Swab terhadap pasein sudah jauh hari dan sudah melampaui 14 hari sebelum hasil kami terima," ungkap Wisnu.
Adapun keterlambatan mengetahui hasil dari pemeriksaan swab dari Lab Kes PC PCR RSMY, dikarenakan beberapa alasan, pertama PC PCR mengalami kerusanakan (Terkontaminasi) dan kemampua kapasitas periksa serta banyaknya jumlah sampel antri untuk dilakukan pemeriksaan
"Hasil itu juga pemeriksaan sampel swab ke 2, yang pertama bersamaan dengan kedua orang tuanya, hasilnya Invalid atau tidak terbaca, sehingga kami lakukan pengambilan ulang pada 24 Agustus lalu, hasilnya baru kami terima Senin, (7/9) kemarin," ungkap Wisnu.
Jika mengacu pada permenkes terbaru tentang penanganan pasien Covid-19, dan melihat kondisi pasien saat ini. Tegas Wisnu, pasien sudah bisa dinyatalan sembuh dari Covid-19, karena sedah melalui masa incubasi virus selama 14 hari sejak pengambilan sampel swab terakhir.
Namun demikian, sampai Wisnu, karena Pasien 14 sampai dengan saat ini berada 1 tempat bersama dengan pasien 12 dan 13, yang tidak lain adalah orang tua dari pasien itu sendiri. Maka pasien 14 baru bisa dinyatakan sembuh setelah hasil swab evaluasi pasien 12 dan 13 diterima dan dinyatakan bersih dari paparan virus.
"Karena tadi kedua orang tuanya memiliki gejala atau keluhan, sehingga diperpanjang masa isolasinya, dan harus dilakukan pengambilan swab evaluasi, pasien 14 kami belum bisa untuk menyatakan sembuh meski sudah menjalani isolasi
selama 14 hari, sebelum kami menerima hasil lab dari swab pasien 12 dan 13," beber Wisnu.
Namun demikian Wisnu berkeyakinan jika pasien terpapar dari kedua orang tuanya, bahkan terpapar pun bersamaan dengan kedua orang tuanya, serta sudah melawati masa incubasi selama 14 hari. (CE7)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: