Pilkada Kepahiang Tetap Head to Head? Edi – Ice Gagal Maju

Pilkada Kepahiang Tetap Head to Head? Edi – Ice Gagal Maju

CE ONLINE - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kepahiang 2020, sesuai dengan prediksi awal. Dimana tetap akan diikuti oleh dua pasangan calon yaitu petanah Hidayatullah Sjahid - Zurdi Nata dan penantang Ujang Syaripudin - Firdaus Djailani.
Hal ini diketahui berdasarkan data lapangan yang diperoleh CE, dimana dari hasil pleno tingkat PPK terhadap Verifikasi Faktual (Verfak) lanjutan pasca putusan Bawaslu yang meminta KPH untuk kembali mem-Verfak 4.426 syarat dukungan Bapaslon Perseorangan Edi Sunandar - Ice Rakizah.
Hasilnya jumlah syarat dukungan yang memenuhi syarat (MS) tetap tidak mencapai kebutuhan sebanyak 1.484 sebagai syarat minimal untuk bisa mencalonkan diri ke KPU.
Data terhimpun berdasarkan pleno PPK di 8 kecamatan se Kabupaten Kepahiang jumlah dukungan Edi - Ice yang MS hanya sebanyak 1.269 dukungan. Artinya mengalami kekurangan sebanyak 126 dukungan, agar bisa mencukupi jumlah kekurangan hasil Verfak sebelumnya sebanyak 1.484 (Data lengkap lihat tabel).
"Kami belum bisa menyampaikan apakah Bapaslon Edi - Ice MS atau tidak. Karena kami sendiri belum mendapatkan laporan dari masing-masing PPK terhadap hasil Verfak yang sudah dilakukan PPS," elak juru bicara KPU Kepahiang, Supran Efendi diwawancarai CE.
Dikatakan Supran, untuk bisa memastikan Bapaslon Edi - Ice bisa atau tidak maju pada tahap pencalonan, baru bisa disampaikan secara resmi setelah Jumat (11/9) hari ini. Dimana KPU Kepahiang akan melakukan pleno rekap hasil verfak.
"Besoklah (Hari ini,red) kita lihat, setelah kami pleno," ujar Supran.
Namun yang pastinya menurut Supran, jika KPU Kepahiang sudah melaksanakan putusan Bawaslu yang meminta KPU dan jajarannya untuk melakukan Verfak ulang terhadap 4.426 syarat dukungan Edi - Ice yang sebelumnya sudah dinyatakan tidak memenuhi syarat.
"Yang jelas hari ini (kemarin,red) PPK akan pleno hasil Ditingkatan PPK masing-masing, apapun hasilnya, kami sudah melaksanakan putusan Bawaslu," singkat Supran.
Sementara itu Bakal Colon Bupati yang berencana maju melalui jalur persorangan H Edi Sunandar, yang dicoba untuk dikonfirmasi melalui ponselnya, belum berhasil untuk dimintai keterangan. Karena beberapa kali dihubungi tidak bersedia untuk diangkat. (CE7)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: