Hasil Verfak Putusan Bawaslu Kembali Berlanjut ke Gugatan

Hasil Verfak Putusan Bawaslu Kembali Berlanjut ke Gugatan

CE ONLINE - Tidak hadir pada Pleno akhir rekapitulasi hasil Verifikasi Faktual (Verak), yang dilaksanakan KPU pegi kemarin, Jumat (11/9) Pukul 14.00 WIB. Bapaslon Edi Sunandar - Ice Rakizah bersama beberapa pendukungnya mendatangi KPU.
Kedatangan Edi - Bando petang, kemarin, bukan hanya untuk menerima hasil pleno KPU dalam bentuk BA.7 KWK Paska Putudan Bawaslu, Edi - Ice juga menyampaikan beberapa keberatannya terhadap jalannya 2 hari proses Verfak yang dilakukan KPU dengan jajarannya.
Yang mana menurut Edi, selama proses Verfak telah terjadi banyak upaya dugaan yang mengakibatkan Pasangan Edi - Ice kembali dinyatakan TMS untuk melaju pada tahap pencalonan.
"Kami tidak sama sekali, mempermasalahkan hasil yang tadi pagi (Kenarin, red), sudah diplenokan KPU," ungkap Edi.
KPU menurut Edi, sudah menjalankan rekomendasi Bawaslu dengan baik dan tepat waktu. Hanya saja menurut Edi, selama tahapan Verfak paska putusan Bawaslu, ada bebera kejadian yang diyakini Edi berpengaruh terhadap hasil yang kemarin ditetapkan KPU.
Salah satu dugaan itu disampaikan Edi, terjadi di Wilayah Kelurahan Padang Lekat Kecamatan Kepahiang, Sebagian besar di Kecamatan Bermani Ilir dan Kecamatan Seberang Musi, dimana terjadi upaya penghalangan pendukung Edi - Ice untuk mendatangi PPS.
"Kami memiliki beberapa bukti, ada upaya sistematis yang dilakukan oknum tertentu, untuk menghalangi pendukung kami untuk di verfak," ungkap Edi.
Namun Edi sendiri belum berani memastikan siapa dan dari kelompok mana masa yang menghalang-halangi pendukungnya untuk di Verfak. Tapi Edi yakin dengan bukti yang dimikikinya akan bisa mengungkap siapa dibalik kejadian tersebut.
"Dengan bukti-bukti ini, kami akan kembali menggugat proses yang sudah berjalan itu," ujarnya
Kemana gugatan itu akan disampaikan, lagi-lagi Edi mengatakan, kalau kemarin pihaknya tengah mendisikusikan bersama tim pemenangan dan Penasehat hukumnya.
"Yang jelas ke Bawaslu, selebihnya tergantung nanti kami akan pelajari dulu, bisa saja nanti ke Gakkumdu dan DKPP," singkat Edi.
Sementara itu Ketua KPU kepahiang Mirzan Pranoto Hidayat, yang dikonfirmasi, belum bisa memberikan penjelasan panjang terhadap keberatan yang disampaikak Bacalin Edi - Ice.
"Kamu hormati, dan kami hargai apa yang dilakukan Edi - Ice," singkat Mirzan. (CE7)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: