Keringanan Retribusi Buat Target PAD Anjlok

Keringanan Retribusi Buat Target PAD Anjlok

CE ONLINE - Wabah Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), yang terjadi sejak Maret hingga sekarang. Hal ini dipastikan berpengaruh terhadap capaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor retribusi pasar di Kabupaten Kepahiang.
Pasalnya akibat dari adanya pendemi ini, selain terjadinya penurunan geliat perekonomian pada sektor pedagang, Pemkab Kepahiang juga memberikan kebijakan membebaskan retribusi pasar dan retribusi kebersihan pada pedagang di Kabupaten Kepahiang.

"PAD dari sektor retribusi pasar tahun ini (2020, red) ditargetkan sebesar Rp 305 juta," Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM H. Husni Thamrin, SE.
Dijelaskannya, pihaknya berkeyakinan akan dapat merealisasikan Terget tersebut bahkan melampauinya. Jika tidak kondisi normal tidak ada pendemi Corona. Hanya saja sambung Husni, target tersebut dipastikan tidak tercapai, pasalnya, selama 3 bulan Pemkab memberikan kebijakan tidak menarik retribusi pasar maupun retribusi kebersihan pada pedagang pasar.

Tak hanya itu, penurunan target sampai Husni, juga disebabkan penurunan geliat usaha di pasar Kepahiang.
"Sudah dipastikan ada penurunan target PAD dari sektor retribusi pasar tahun ini, pertama karena kebijakan memang tidak ditariknya retribusi selama beberapa bulan. Kemudian, faktor pandemi pula menyebabkan lesunya geliat usaha perdagangan di pasar," jelas Husni.

Untuk mengejar target PAD yang telah ditentukan, kata Husni pencanangan new normal seiring berjalannya waktu bakal mengembalikan aktivitas warga di pasar kembali seperti semula. Untuk itu, pasar Kepahiang sudah difasilitasi untuk antisipasi paparan covid-19, seperti tempat cuci tangan maupun baliho antisipasi covid-19.

"Penurunan target PAD ini bukan saja di Kami (Perdagangan,red) tapi hampir seluruh OPD juga mengalami hal yang sama, bahkan di daerah lain juga sama seperti yang kita alami," ujarnya.
Harapan Husni, pendemi Corona bisa segera berakhir sehingga perekonomian pedagang juga meningkat yang tentu akan berdampak positif terhadap capaian PAD dari retribusi pasar. (CE7)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: