PUPR Targetkan Rp 50 Miliar DAK

PUPR Targetkan Rp 50 Miliar DAK

CE ONLINE - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kepahiang Rudi Andi Sihaloho, ST menyampaikan pada tahun 2021 mendatang, membutuhkan banyak anggaran untuk peningkatkan infrastruktur fisik. Karena itu di katakan Kadis Pemkab Kepahiang telah menghitung kebutuhan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik kepada pemerintah pusat paling sedikit Ro. 50 miliar.

Besarnya usulan DAK 2021 dikatakan Rudi, disebabkan, dikarenakan DAK 2020, tidak bisa dijalankan karena adanya pemotongan DAK oleh pemerintah pusat, yang disebabkan adanya pandemi Covid-19.
"Tahun ini (2020, red) usulan dan kita (Kepahiang, red) ada diangka Rp. 38 miliar, tapi karena adanya pendemi, kegiatan yang sudah kita rencanakan terpaksa ditunda," ungkap Rudi.

Untuk kembali merealisasikan kegiatan yang tertunda itu, lanjut Rudi, tahun 2021 mendatang pihaknya kembali akan mengusulkan DAK Fisik yang jumlah miminalnya mencapai Rp. 50 miliar. Masih dikatakan Rudi, untuk merealisasikan usulan itu pula pihaknya harus melalui beberapa tahapan, salah satunya penjabaran kebutuhan DAK pada pihak Kementrian PUPR. Sayangnya saat ini hal tersebut belum bisa dilakukan karena PMK tahun 2021, belum ada sehingga belum diketahui berapa besaran DAK yang akan diterima Pemkab Kepahiang.
"Itu baru usulan, kita masih ada satu tahap lagi. Desk dengan pihak kementerian, disitu kita tahu nilai yang kita dapat, sampai saat ini belum diketahui nilai DAK yang diakomodir," ujar Rudi.

Lebih lanjut dikatakan Rudi, untuk sama-sama diketahui jika pada tahun 2020, cukup banyak pekerjaan DAK fisik di Kabupaten Kepahiang yang tertunda akibat adanya wabah Covid-19 diantaranya, pembangunan jalan Warung Pojok-Renah Kurung, jalan Simpang Kota Bingin-Lubuk Penyamun, jalan pusat kota jalan Santoso dan sejumlah link pekerjaan jalan lainnya.
"Mudah-mudahan usulan kita bisa diakomodir, selain pekerjaan yang tertunda karena Covid-19, kita juga bisa mengerjakan kebutuhan lainnya," tukas Rudi. (CE7)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: