Dewan Optimis RAPBD 2021 Tepat Waktu, Waka I: Sudah Dalam Pembahasan

Dewan Optimis RAPBD 2021 Tepat Waktu, Waka I: Sudah Dalam Pembahasan

CE ONLINE - Rencana anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) Kepahiang tahun 2021, belum dianjukan eksekutif kepada DPRD Kepahiang. Informasi yang diperoleh, penyebab keterlambatan itu disebabkan terlambatnya pihak eksekutif melakukan proses input anggaran, program dan kegiatan pada aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).
Sementara waktu pembahasan hanya menyisakan waktu lebih kurang 1 bulan lagi bagi badan anggaran (Banggar) DPRD Kepahiang bersama tim anggaran pemerintah daerah (TAPD), melakukan pembahasan terhadap dokumen nota RAPBD 2021.
"Apa yang mau dibahas nota pengantar RAPBD 2021 itu saja belum diserahkan ke kami," ungkap Wakil Ketua I DPRD Kepahiang Andrian Defandra, SE, M.Si.

Dijelaskannya, regulasi mengatur jika RAPBD 2021 paling lambat 30 November ini sudah harus selesai pembahasan di tingkat Banggar dan TAPD. Karena itu pula Aan --Andrian Defandra-- akrab disapa, meminta pihak eksekutif untuk bisa segera menyelesaikan proses input SIPD.
"Keterlambatan ini dikarenakan adanya pengalihan penggunaan Simda ke SIPD, kita minta TAPD segera memastikan paling tidak nota pengantar R-APBD 2021 disampaikan paling lambat minggu keempat Oktober ini, karena harus disahkan paling lambat 30 November," jelas Aan.

Jika melewati batas waktu tersebut dijelaskan Andrian, maka baik DPRD maupun Pemkab akan disanksi administrasi berupa penundaan hak-hak keuangan akibat dari keterlambatan pengesahan R-APBD 2021 tersebut.
"Jika Pemkab menyampaikan nota pengantar R-APBD TA 2021 dalam waktu dekat ini, maka Banggar akan mengebut pembahasan agar dapat disahkan tepat waktu. Dan kami optimis pembahasan akan tepat waktu," singkat Aan.

Terpisah Sekretaris TAPD Kabupaten Kepahiang, Damsi, S.Sos, yang dikonfirmasi terkait proses input SIPD, menargetkan pekan depan paling lama nota pengantar R-APDB TA. 2021, rampung dan bisa langsung diserahkan ke Dewan untuk kembali dilakukan pembahasan di tingkat Banggar.
"Insyaallah, pekan depan selesai, dan kami dari TAPD juga menargetkan hal yang sama paling lama minggu ke 3 November R-APBD sudah ketok palu," singkatnya. (CE7)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: