Hari Pertama Ops Zebra, Lima Pengendara Dapat Teguran

Hari Pertama Ops Zebra, Lima Pengendara Dapat Teguran

CE ONLINE - Ops Zebra 2020 berbeda dengan Ops Zebra tahun-tahun yang lalu, minim penindakan dan lebih diutamakan pencegahan. Terlihat pada kegiatan perdana Ops Zebra 2020 yang dilakukan Sat Lantas Polres Kepahiang Senin (26/10) siang kemarin di Jalan raya depan Sekretariat Pemkab Kepahiang. Selama Ops dilaksanakan hanya ada 5 pelanggar yang mendapatkan teguran keras karena terlalu banyak pelanggaran yang dilakukan, seperti tidak memakai helm, dan tidak mengunakan masker saat berkendaraan.

Dikatakan Kapolres Kepahiang AKBP Suparman, SIK, MAP, melalui Kasat Lantas Iptu Ferry Octaviari P, S.IM, MH mengatakan bahwa sejauh pelaksanaan Ops Zebra hari pertama kemarin, belum ada tilang yang dikeluarkan. Pelanggaran yang ditemukan hanya mendapatkan teguran dan sanksi sosial.
"Sesuai dengan instruksi atasan Ops Zebra 2020 ini skalanya 80 : 20, lebih banyak pencegahan dari pada penindakan," ujar Kasat.

Pengemudi yang kedapatan melanggar selagi tidak terlalu membahayakan bagi pengemudi dan orang lain, tegas Kasat hanya mendapatkan teguran dan peringatan.
"Hari ini (Kemaein, red) tidak ada tindakan semua hanya kami tegur dan kami ingatkan. Dan ada beberapa pengemudi yang juga sempat kami berikan tindakan sanksi sosial," ujarnya.

Hal ini dikarenakan saat Ops Zebra berlangsung pengemudi tersebut kedapatan tidak mengunakan masker. Masih dikatakan kasat selama Ops Zebra 2020, pihaknya juga menyediakan masker yang akan diberikan kepada pengemudi yang kedapatan tidak menggunakan masker.
"Ada 30 lembar masker yang kami bagikan, dan ada stiker himbauan yang juga kami tempelkan pada kendaraan-kendaraan umum atau pribadi," sebutnya.

Meski minim pemberian tindakan, tegas kasat, dirinya menghimbau kepada pengemudi baik R2 maupun R4 untuk tetap tertib berlalu lintas demi keselamatan bersama.
"Selain lengkapi kelengkapan kendaraan dan surat-surat karena sekarang masih dalam situasi pandemi, jangan lupa tetap gunakan masker," tukasnya. (CE7)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: