Waspada Cuaca Ekstrem

Waspada Cuaca Ekstrem

CE ONLINE - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepahiang Ir Taufik, mengeluarkan warning atau peringatan akan terjadinya bencana alam dimasa puncak musim hujan yang baru akan terjadi di bulan November mendatang.
Hal ini dikatakan Taufik, mengingat kabupaten Kepahiang termasuk dalam daerah kabupaten berisiko tinggi terjadinya bencana alam pada mausim-musim tertentu.

"Kalau bicara peta kerawanan bencana, 8 kecamatan yang ada di Kepahiang ini sumuanya masuk dalam peta daerah rawan bencana," ungkap Taufik.
Sebagai contoh dikatakan Taufik 5 Kecamatan Merigi, Ujan Mas, Seberang Musi, Kepahiang, dan Bermani Ilir masuk dalam peta daerah rawan terjadinya banjir dan tanah longsor. Sedangkan Kecamatan lain Kepahiang, Tebat Karai, Kabawetan dan Muara Kemumu masuk dalam peta daerah rawan terjadinya bencana longsor.

"Menurut perkiraan BMKG, puncak musim hujan tahun ini baru akan terjadi di bulan November," ujar Taufik.
Mengingat peta kerawanan, dan cuaca ekstrem yang bahkan terjadi, pihaknya saat ini tengah menggalakkan sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk siap dan siaga dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam baik banjir, ataupun tanah longsor.
"Bulan ini juga kami akan terbitkan SK siaga Darurat Bencana, sebagai langkah antisipasi jika terjadinya bencana alam," sebut Taufik.

Bentuk antisipasi lain disampaikan Taufik, BPBD sebagai Leading sektor kebencanaan, pihaknya juga tengah galak melakukan koordinasi dengan OPD dan instansi terkait, sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana pada puncak musim hujan tahun ini. Selain itu sambung Taufik, pihaknya juga mengharapkan kewaspadaan dini masyarakat, terutama pada daerah-daerah yang selama ini menjadi daerah rawan terjadinya bencana.

"Kita berharap bencana alam dalam kondisi bagaimanapun tidak terjadi, kalaupun terjadi kami dan masyarakat sudah harus siap. Hal ini perlu dilakukan kesiapan dan pengetahuan sejak dini agar dapat menghindari terjadinya korban dan kerugian yang besar dari bencana yang terjadi," tukas Taufik. (CE7)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: