Dinkes Siapkan 24 Nakes, Vaksin Imunisasi Corona

Dinkes Siapkan 24 Nakes, Vaksin Imunisasi Corona

CE ONLINE - Pelaksanaan vaksin Imunisasi Corona Disease 2019 (Covid-19) yang direncanakan Pemerintah akan dimulai November ini, langsung disambut baik Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang. Salah satunya akan menyiapkan 24 Nakes yang akan ditunjuk untuk melaksanakan vaksin Corona.

Dikatakan Kadinkes Kepahiang H Tajri Fauzan, S.Km, M.Si, melalui Kabid P2P Dinkes Kepahiang Wisnu Irawan, S.Kep, MM mengatakan bahwa 24 tenaga kesehatan (Nakes) tersebut diambil dari masing-masing Puskesmas.
"Untuk jadwal pelaksanaan vaksinnya, kami masih menunggu dari pemerintah pusat dalam hal ini Kemenkes RI, dan menunggu vaksinnya sampai pada kami," ungkap Wisnu.

Namun berdasarkan Informasi yang pihaknya terima, jika pelaksanaan vaksin imunisasi Corona, baru akan dilaksanakan November sampai dengan akhir tahun 2020 ini.
"Kami harus siap, persiapan pertama yang sedang kami lakukan saat ini mencari Nakes sebagai tenaga vaksin," ucapnya.

Karena disampaikan Wisnu, tidak semua perawat dan nakes bisa melaksanakan vaksin. Hanya nakes dan perawat yang memiliki STR lah yang akan dipercayakan sebagai tenaga vaksin imunisasi Corona.
"Paling tidak nanti setiap puskesmas akan kita ambil 2 orang nakes yang sudah mengantongi STR," ujarnya.

Jika minimal 2 nakes, dengan jumlah Puskesmas yang ada di Kabupaten Kepahiang sebayak 14, maka sampai Wisnu akan ada 24 orang yang akan bertugas sebagai tenaga vaksin nantinya.
"Itu minimal, jika memang dimungkinkan seluruh yang sudah memiliki STR, semua akan kami tugaskan," ucapnya.

Berapa jumlah Nakes yang sudah memiliki STR di Kabupaten Kepahiang? Wisnu belum bisa memastikannya, karena dikatakan Wisnu tidak semua perawat memiliki STR.
"STR ini, ibarat SIM lah kalau ingin berkendaraan, hanya perawat yang lulus uji yang memiliki STR dan bisa melaksanakan vaksin. Jadi belum semua perawat yang memiliki STR, tapi kami rasa disetiap Puskesmas dipastikan ada perawat yang sudah memiliki STR," beber Wisnu.

Lebih lanjut dikatakan Wisnu, dalam edaran yang pihaknya terima dari Kemenkes RI, pelaksanaan vaksin imunisasi Corona akan dilaksanakan bertahap mulai November sampai dengan Desember 2020. Adapun masyarakat yang diwajibkan untuk menerima vaksin ini adalah masyarakat yang sudah berusia 18 tahun keatas dan dibawah usia 60 tahun. Vaksin ini tambah Wisnu, vaksin yang meningkatkan imun tubuh manusia untuk bisa bertahan dari paparan Virus Corona atau Covid-19. (CE7)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: