Masih Banyak Ditemukan Pelanggaran

Masih Banyak Ditemukan Pelanggaran

CE ONLINE - Hampir sepekan dilaksanakannya operasi Zebra, hingga saat ini Satlantas Polres Kepahiang masih menemukan banyak pelanggaran yang terjadi. Bahkan pada Jumat (30/10), sedikitnya ada 3 pelanggaran yang harus diberikan teguran.
"Selagi tidak membahayakan diri pribadi dan orang lain, kami hanya memberikan teguran dan peringatan. Tapi kalau tindakan pengendara baik R2 maupun R4 itu sudah mengarah membahayakan mau tidak mau kami tetap aka memberikan sanksi tilang, walau sebenarnya dalam pelaksanaan Ops Zebra 2020, penindakan itu yang diutamakan adalah pembinaan," ujar Kapolres Kepahiang AKBP Suparman, S.IK, MAP, memalui Kasat Lantas Iptu Ferry Octaviari Pratama, S.IK, MH.

Namun disampaikan Kasat, ada 2 tugas pokok pihaknya dalam pelaksanaan Ops Zebra 2020, selain penegakan disiplin berlalu lintas, tugas lain adalah pencegahan penularan wabah Covid-19. Maka dari itu pengendara dan penumpang kendaraan umum dan pribadi bukan saja diperiksa secara kelengkapan surat-surat dan kelengkapan lain dalam berkendaraan, tetapi pemeriksaan protokol kesehatan juga dilakukan pihaknya.

"Kalau secara umum memang sudah ada kesadaran masyarakat akan tertib berlalu lintas, tapi yang masih harus terus kita galakkan adalah kesadaran untuk memantuhi protokol kesehatan," Ujarnya.
Karena menurut Kasat, pelanggaran terbanyak yang terjaring hampir sepekan pelaksanaan Ops Zebra 2020, adalah pelanggaran protokol kesehatan. Seperti berkendara tidak menggunakan masker.

"Semua kami tindak, yang tidak patuh Prokes, seperti tidak menggunakan masker, kami peringatkan dan kami berikan hukuman sanksi sosial, setelah kami data, kami juga berikan masker untuk bisa langsung digunakan," ucap Kasat.
Dalam gelaran Ops Zebra 2020 lanjut Kasat, pihaknya juga membagikan stiker dan sebaran yang berisikan tertib berlalu lintas dan juga himbauan untuk selalu mematuhi prokes Covid-19. (CE7)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: