Dayat – Nata Unggul di Debat Pertama

Dayat – Nata Unggul di Debat Pertama

CE ONLINE - Debat terbuka Calon Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang putaran pertama yang diselenggarakan oleh KPU kepahiang Rabu malam (4/11), berlangsung kurang seimbang. Pasangan calon petahana Hidayatullah Sjahid Zurdi Nata, menominasi jalannya debat, dibandingkan dengan pasangan Ujang Syaripudin - Firdaus Djailani yang berlangsung sebanyak 6 sesi.

Hal ini terungkap dari penguasan materi debat yang mana pasangan calon nomor urut 02, lebih banyak menampilkan data dibandingkan dengan pasangan calon nomor 01 yang lebih banyak memainkan asumsi. Sebagai gambaran, di saat moderator debat yang dipimpin Elfahmi Lubis dan Rossaricha Putri Rahim, mempertanyakan soal data kemiskinan dan strategi pengurangan angka kemiskinan, Paslon nomor 01, tanpa data rill menyebutkan jika angka kemiskinan di Kabupaten Kepahiang dari tahun ketahun selalu meningkat yang langsung dibantah Paslon 02 yang menyajikan data jika sebelum kepemimpinan Dayat - Netty sebagai Bupati dan wakil Bupati Kepahiang hasil Pemilukada 2015 lalu, jauh menurun dari angka sebelumnya 20 persen lebih selama 4 tahun kepemimpian Dayat Netty, angka kemiskian sampai dengan 2019, hanya tinggal 14,7 persen.

Begitu pun halnya saat sesi ke 4 di saat Pasangan calon nomor urut 01 mempertanyakan soal kepemilikan lahan pertanaian yang saat ini sudah dikuasi oleh masyarakat tetapi berada dalam kawasan hutan lindung. Pasangan nomor 02 dengan tegas menyampaikan jika selama kepemimpian Dayat - Netty, sudah puluhan hektar lahan hutan lindung sudah berhasil dialihfungsikan menjadi lahan kemasyarakaan. Terkait dengan kepemilikan lahan, Dayat menyatakan sekarang ini penggarap sudah mendapatkan kepastihan hukum dengan adanya hak guna garap.

Namun lagi-lagi pasangan calon nomor 02 yang disampaikan Firdaus dengan asumsinya, jika dia terpilih berjanji akan mesertifikatkan lahan hutan lindung bagi masyarakat. Hal ini tentu menjadi sebuah pertanyaan mungkinkah hal itu bisa dilakukan oleh seorang bupati? Namun menariknya setelah pelaksanaan debat berlangsung kepada awak media, kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati Kepahiang ini, merasa optimis dengan hasil debat pertama kemarin.

Seperti yang disampaikan Ujang Syaripudin, jika dari pelaksanaan debat kemarin, dirinya optimis bisa mendongkrak elektabilitas pasangan ini.
"Kami puas dengan debat pertama ini, dan kami yakin hasil ini bisa menambah semangat juang tim kami untuk bisa memenangkan pasangan," kata Ujang Daus.

Hal yang sama juga disampaikan Hidayatullah, dengan apa yang sudah dikerjakan periode pertamanya bersama wakil Bupati Netty Herawati, S.Sos, yang sudah nyata dampaknya terhadap kemajuan Kabupaten Kepahiang, di periode keduanya bersama Zurdi Nata, dengan beberapa program baru yang kemarin ditawarkan dalam bentuk visi dan misi pasangan ini, akan dapat menarik suara pemilih lebih banyak untuk kembali memimpin Kabupaten Kepahiang diperiode keduanya yang akan berpasangan dengan Zurdi Nata.

Disampaikan Hidayattullah Sajahid, salah satu program unggulannya diperiode kedua ini, selain melanjutkan program yang sudah dilaksanakan, adalah membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat Kepahiang, dengan mendatangkan investor pengelolaan hasil pertanian unggulan Kabupaten Kepahiang yaitu kopi. (CE7/ADV)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: