Dikbud Targerkan 50 Sekolah Terapkan SRA

Dikbud Targerkan 50 Sekolah Terapkan SRA

CE ONLINE - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepahiang Netty Herawati, S.Sos Jumat (6/11) melakukan launching Sekolah Ramah Anak (SRA) dan membuka sosialisasi konvensi hak anak yang bertempat di SDN 15 Kepahiang. Dalam arahannya Plt Bupati, menilai komitmen terbentuknya SRA dan konvensi hak anak ini sangat bagus untuk diterapkan di Kabupaten Kepahiang. Dengan salah satu tujuannya membentuk karakter anak pada usia sekolah sejak dini dengan terbebasnya tindak kekerasan apada anak di sekolah.

“Kita juga menekankan bahwa sekolah harus lah bebas dari kekerasan terhadap anak, ini point yang sangat penting untuk perkembangan anak," ungkap Netty.
Selain itu juga sambung Netty, untuk mewujudkan SRA, pihak sekolah harus juga menyediakan beberapa fasilitas pendukung tidak hanya kebersihan, tertib, dan aman lingkungan sekolah, sekolah juga harus menyuapkan fasilitas lain sarana membentuk karakter anak didik. Sehingga dengan terbentuknya sekolah ramah anak diharapkan dapat terciptanya menciptakan rasa nyaman bagi pihak sekolah, siswa serta orang tua.
“Pihak sekolah, juga jangan ada diskriminasi di sekolah, baik itu guru ke anak maupun anak ke guru dengan SRA akan tercipta suasana harmonis di sekolah,” imbuh Netty.

Sementara itu Kadis Dikpora Kepahiang Dr Hartono, M.Pd, laucing SRA yang kemarin baru dilakukan pertama kali di SDN 15 Kepahiang untuk dapat dilakukan juga oleh sekolah-sekolah lain. Hartono Menargetkan hingga akhir tahun ajaran 2020/2021, akan ada 50 sekolah yang juga melakukan hal yang sama seperti kemarin yang dilakukan SDN 15 Kepahiang. Untuk mewujudkan hal itu, tegas Hartono, Dikbud Kepahiang akan memfasilitasi seluruh sekolah bukan hanya tingkat SD tapi juga tingkat SLTP.

SRA ini cukup baik, bukan saja melindungi anak dari tindakan kekerasan yang terjadi di sekolah, tetapi juga sebagai upaya pemerintah dalam membentuk kebiasaan baik anak sejak dari pendidikan tingkat dasar.
"Karena program ini baik, kami sangat mendukung, dan kami juga akan berupaya membantu sekolah dalam menyediakan sagala sarana dan prasarana menuju SRA," ujarnya.
Hadir dalam acara tersebut Kepala DPPKBP3A Kepahiang Dr. Periyandi, S.Sos, Camat Kepahiang Drs. Idris, serta ketua organisasi perlindungan anak se-kabupaten Kepahiang. (CE7)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: