104.976 Warga Sudah Gabung BPJS Kesehatan

104.976 Warga Sudah Gabung BPJS Kesehatan

CE ONLINE - Kantor BPJS Kesehatan Kepahiang mencatat sampai dengan awal November 2020 ini, sudah ada 104.976 warga Kabupaten Kepahiang sudah terdaftar menjadi keanggotaan BPJS Kesehatan.
Ruri Romla Mewita, SE, selaku Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Kepahiang, menyampaikan dari total tersebut 15.354 peserta, lebih dai separuhnya merupakan kepesertaan yang mendapatkan subsidi dari pemerintah baik Pemerintah pusat maupun subsidi dari Pemkab Kepahiang.

"Total kepesertaan BPJS Kesehatan sampai dengan awal bulan ini, sudah mencapai 104.976 peserta," sampai Ruri
Angka itu dikatakan Ruri, sudah mendekati jumlah penduduk Kabupaten Kepahiang yang jumlahnya 150 ribu lebih. Masih dikatakan Ruri, angka itu juga membuktikan kesadaran masyarakat Kepahiang untuk menjadi keanggotaan BPJS Kesehatan sudah sangat baik. Walau kenyataannya, lebih dari separuhnya, peserta yang mendapatkan subsidi dari Pemerintah.

"Kalau keanggotaan mandiri hanya 20.573 peserta," ujarnya.
Selebihnya sampai Ruri, ada 15.534 peserta yang keanggotaannya mendapatkan subsidi dari Pemerintah Kabupaten Kepahiang, yang iuran keanggotaannya di bayar melalui APBD, 48.757 peserta subsidi dari pemerintah pusat melalui APBN.
"Ada juga peserta yang menjadi keanggotaan melalui instansi dimana mereka bekerja, seperti YNI, Polri, ANS, Pegawai swasta, pejabat negara, pensiunan, perangkat desa yang jumlahnya juga ribuan, hingga total keanggotaan sampai degan saat ini menjadi 104.976 peserta," ujarnya.

Disampaikannya, mengingat BPJS Kesehatan ini memberikan dampak positif bagi pemberian layanan kesehatan bagi pesertanya, Ruri berharap, yang belum menjadi peserta untuk dapat mendaftarkan kepesertaannya.
"Jangan waktu diperlukan saja baru mendaftar, karena berlakunya keanggotaan juga tidak bisa sesaat setelah mendaftar, ada waktu jedah baru berlaku. Jadi jauh sebelum sedapat mungkin sudah menjadi anggota," tutup Ruri. (CE7)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: