Pedas !! Harga Cabai Rawit Tembus Rp 80 Ribu

Pedas !! Harga Cabai Rawit Tembus Rp 80 Ribu

CE ONLINE - Harga cabai di pasaran lebih dari seminggu terakhir melonjak naik. Saat ini, harga cabai rawit di pasar Muara Aman Lebong mencapai Rp 75 ribu sampai Rp 80 ribu.

Sementara, untuk harga cabai merah berkisar Rp 50 ribu sampai Rp 60 ribu per kilo. Salah seorang pedagang kaki lima Marni (55) yang sudah hampir 20 tahun lebih berjualan di pasar Muara aman, mengungkapkan jika tak hanya harga sayuran saja yang melonjak naik tetapi hampir seluruh harga bahan pokok juga melonjak naik seperti daging, cabai, telur, dan gula.
"Kalo cabai sudah seminggu ini mengalami kenaikan, kalau bahan pokok sudah semenjak sebulan ini tetapi kenaikan bahan pokok tidak terlalu signifikan," ujarnya saat diwawancara CE, (7/2).

Marni menyebut jika saat kenaikan harga sayuran membuat ia sedikit mengurangi pasokan karena tak sedikit pembeli juga untuk saat ini berkurang.
"Iya, bukan hanya pendapatan yang berkurang akan tetapi kami membeli bahan pokok pun sedikit dibatasi, takut tidak ada yang beli, jadi bisa rugi kami nanti,” katanya.

Menurutnya, naiknya harga cabai ini dikarenakan cuaca yang tidak menentu. Sementara untuk keuntungan berjualan lanjutnya, biasanya perhari mencapai Rp 200 ribu. Namun, pasca kenaikan hampir seluruh bahan pokok ini keuntungan tidak sesuai yang diharapkan.
"Kalau untuk saat ini bisa untuk makan saja bersyukur," ungkapnya.

Hal yang sama juga di ungkapkan pedagang lainnya, Atun (45) salah seorang pedagang makanan yang berbelanja di pasar tersebut juga mengeluh. Kenaikan tersebut dinilai cukup memberatkan.
“Ya biasanya saya beli satu kilo tetapi dengan naiknya harga sayuran ya saya gak berani beli lebih karna saya harus memikirkan bahan yang lainnya,” ujarnya.

Selain itu Atun juga menerima keluhan dari pembeli. Makanan yang dibuatnya kini dinilai tidak seenak biasanya.
"Saya kan berjualan pecel katanya nggak kayak biasanya pedes, ini kurang pedesnya,” paparnya.

Dengan begitu mereka berharap dengan melonjaknya harga bahan pokok dan sayuran ada upaya pemerintah untuk mengantisipasi.
“Harapan kami ada upaya dari pemerintah untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok saat ini. Karena, naiknya harga bahan pokok ini berimbas terhadap pendapatan kami yang sangat menurun sekali," paparnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: