APBD 2021 Kembali Terefocusing

APBD 2021 Kembali Terefocusing

CE ONLINE – Pemerintah Kabupaten Lebong memastikan akan kembali merefocusing APBD tahun 2021 untuk anggaran vaksinasi covid 19. Bahkan Badan Keuangan Daerah (BKD) menyebut bahwa hal tersebut dilakukan menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Keuangan terkait refocusing APBD 2021 telah diterima Januari lalu.
"Sudah ada instruksi dari pusat untuk melakukan refocusing APBD terkait pelaksanan vaksinasi covid 19, mulai dari instrumen pendukungnya atau bila memang nanti ada instruksi pusat untuk pengadaan vaksin bagi masyarakat kabupaten Lebong," ujar Plt Kepala BKD Kabupaten Lebong, Erik Rosadi S STP MSi.

Disebutkan pihaknya, sesuai PMK tersebut refocusing akan dilakukan sebesar 40 persen dari anggaran APBD, namun untuk pelaksanaan refocusing tersebut diakuinya pemkab Lebong masih akan berkordinasi dengan pemerintah pusat.
"Saat ini kami masih menyelesaikan dulu APBD murni, apalagi sampai kini DPA belum di cetak karena kita sudah menggunakan sistem aplikasi SIPD," Ujarnya.

Lebih jauh dia menerangkan, refocusing ini dilakukan dengan memangkas sejumlah belanja – belanja yang sifatnya belum begitu urgen, seperti belanja perjalanan dinas, belanja barang dan jasa yang masih mungkin untuk dilaksanakan ditahun berikutnya.
"Jelas refocusing ini akan berdampak terhadap anggaran di OPD, jadi mana anggaran yang sifatnya yang belum begitu urgen itu akan kami pangkas untuk memenuhi dana vaksinasi, ” terang Riswan.

Untuk kepastian refocusing dilakukan, menurut Riswan akan dilakukan jika penyusunan APBD murni lewat aplikasi SIPD ini sudah selesai dilakukan.
”Kalau APBD murni sudah selesai, kemudian DPA sudah di cetak dan disampaikan ke seluruh OPD maka refocusing ini akan langsung kita lakukan," Paparnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: