Soal THLT, Sekda Tunggu Evaluasi OPD

Soal THLT, Sekda Tunggu Evaluasi OPD

CE ONLINE - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong H, Mustarani Abidin, SH, MSI mengatakan bahwa saat ini pihaknya menunggu hasil evaluasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal berkaitan dengan persoalan Tenaga Harian Lepas Terkontrak (THLT) Kabupaten Lebong yang per tanggal 31 Desember 2020 telah habis masa kontraknya.

Di sisi lain, Sekda menyebut bahwa evaluasi itu merupakan bagi OPD untuk dapat mengajukan jumlah kebutuhan THLT. Seperti di ketahui di tahun 2020 Jumlah THLT yang tersebar di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lebong mencapai 2.400 orang lebih.
"Kalau sampai akhir bulan Februari ini OPD tidak menyerahkan pengajuan bisa di pastikan berarti mereka tidak membutuhkan THLT," katanya.

Selanjutnya kata Sekda pada tahun 2019 kemarin pihaknya sudah memperingatkan untuk seluruh OPD untuk menyampaikan laporan evaluasi kinerja THLT. Namun hingga saat ini belum ada OPD yang melaporkan, sementara pemberdayaan THLT harus di sesuaikan analisa jabatan (anjab).
"Dengan itu nantinya OPD dapat melihat berapa kekurangan tenaga pegawai dan berapa yang akan di isi, dan juga untuk hasil evaluasi yang dilakukan pimpinan di setiap OPD, mereka juga dapat menilai dengan melihat kehadiran, kinerja, beban kerja masing-masing," ungkapnya.

Selanjutnya kata Sekda bahwa untuk jumlah yang di berdayakan OPD di tahun 2021 ini tidak akan sama dengan tahun 2020, bahkan ada sedikit kemungkinan orangnya juga akan bisa berganti karena itu tergantung dengan hasil kinerja THLT yang di perdayakan sebelumnya.
"Yang jelas untuk kinerja THLT yang tidak bagus tidak akan di pertahankan," paparnya.

Ditambahkan nya untuk THLT tersebut di berdayakan langsung oleh OPD dan juga akan disesuaikan dengan anggaran daerah. Artinya OPD lah yang harus menganggarkan pembayaran honor THLT sesuai anggaran yang di plot masing masing OPD.
"Sementara untuk besaran honor yang di terima THLT itu sesuai dengan jenjang pendidikannya," ujarnya.

Dengan demikian pihaknya berharap kepada seluruh THLT yang saat ini di rumahkan untuk bersabar terlebih dahulu. Sebab jika tenaga mereka masih dibutuhkan, dipastikan kembali akan dipanggil oleh OPD.
”Kita tunggu laporan terlebih dahulu,” pungkasnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: