Jemput Anggaran ke Pusat

Jemput Anggaran ke Pusat

CE ONLINE- Wakil Ketua (Waka) II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lebong, Popi Ansa, SE menyebut pemerintah Kabupaten Lebong (Pemkab) diharapkan dapat menjemput anggaran ke Pemerintah Pusat.

Hal ini dikarenakan menurut Popi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lebong dalam beberapa tahun terakhir, membuat kondisi keuangan Lebong dalam keadaan tidak stabil. Dampaknya banyak dari kegiatan yang dipangkas hingga pemangkasan anggaran.
"Hendaknya segera melakukan tindakan dengan jemput bola ke pemerintah provinsi maupun pusat, agar anggarannya bisa juga turun ke Lebong," katanya.

Hal ini dikatakannya dikarenakan pada tahun 2020 lalu, sejumlah OPD Lebong mendapatkan kucuran anggaran dari pemerintah pusat.

Bahkan menurutnya, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sudah jelas berapa alokasi pembangunan setiap bidangnya. Untuk itu, tinggal bagaimana pemerintah daerah mampu menawarkan konsep pembangunannya ke pemerintah pusat.
"Baik itu Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Insentif Daerah (DID) ataupun sumber anggaran lainnya itu ada. Tinggal kita integrasikan program daerah dengan pusat," ujarnya.

Ditambahkannya untuk pemerintah kabupaten atau kota harus bisa menjemput dana ke pusat dengan membawa program yang jelas untuk kepentingan masyarakat. Dana pembangunan sudah disiapkan tinggal bagaimana keseriusan pemerintah daerah menyikapinya.
"Ibaratnya, pemerintah daerah harus menjemput anggaran ke pusat karena merekalah yang mengetahui kebutuhan pembangunan di daerahnya masing-masing," jelasnya.

Dan juga ia meminta Pemkab lebih tegas dalam pengurusan dana APBN jika ada oknum-oknum yang meminta uang diharapkan bisa disebutkan.
"Hal itu bertujuan agar jangan ada anggapan setiap meminta anggaran ke pemerintah pusat harus ada uang pelicinnya Kita akan siap akan kawal dengan serius penggunaan anggaran sehingga tidak terjadi penyelewengan. Kasihan masyarakat yang berharap pembangunan dari pemerintah," pungkasnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: