Petani Mengeluh Cuaca Ekstrem, Harga Gula Merah Menurun

Petani Mengeluh Cuaca Ekstrem, Harga Gula Merah Menurun

CE ONLINE - Petani yang berada di desa Danau Liang Kecamatan Lebong Tengah saat ini tengah mengeluhkan harga gula merah atau aren menurun sejak bulan ini.

Dikatakan salah satu petani, Medi (49) bahwa penyebab turunnya harga gula merah dikarenakan cuaca ekstrem dengan intensitas hujan cukup tinggi di bulan ini.
"Kalau harga normal nya itu Rp. 17 ribu perkilo tetapi sekarang ini harganya mencapai Rp. 15 ribu perkilo, di tahun sebelumnya harganya bisa mencapai Rp. 20 ribu perkilo," katanya.

Selanjutnya kata Medi semenjak cuaca buruk banyak dari petani tidak memproduksi, lebih lanjut ungkapnya jika biasanya ia memproduksi 10 kilo perhari tetapi saat ini dia hanya bsa memproduksi 6 kilo saja.
"Tahun kemarin itu bisa sampai 10 kilo, malahan bisa lebih, tetapi saat ini hanya 6 kilo saja perharinya, lagi pula banyak dari batang aren saya yang mati dikarenakan faktor umur batang banyak yang sudah tua," ungkapnya.

Tak hanya petani gula merah saja perajin gula semut di danau Liang juga mengalami kesusahan banyak dari mereka mengaku jika bahan pokok gula merah yang untuk diproduksi tidak banyak yang jadi.
"Dikarenakan untuk memproduksi gula aren atau semut itu kualitas bahannya harus bagus," katanya.

Sementara itu, Kepala desa Danau Liang, Endang Karyawan, mengaku jika bahwa banyak dari perajin gula semut memberhentikan produksi gula semutnya ini lantaran bahan baku gula semut itu sendiri.
"Iya untuk kelompok pengrajin gula semut di desa Danau Liang saat ini mendapatkan kendala untuk memproduksi gula tersebut, karena kendala nya disebabkan oleh bahan baku, sebab untuk memproduksi gula aren atau semut itu kualitas bahan nya harus bagus," ungkapnya.

Ditambahkannya jika kelompok pengrajin gula semut di desa danau liang terdiri dari sekitar 5 kelompok, bahkan menurutnya sudah dilakukan pembinaan oleh pihak Disperindagkop Lebong terhadap 5 Kelompok pengrajin tersebut. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: