Desa dan Kelurahan Diminta Bersiap, Untuk Program Rp 100 Juta

Desa dan Kelurahan Diminta Bersiap, Untuk Program Rp 100 Juta

CE ONLINE - Ketua Komisi I DPRD Rejang Lebong Hidayatullah, meminta desa dan kelurahan mulai bersiap untuk program yang akan diluncurkan pemerintah daerah. Yakni program Rp 100 juta perdesa/ kelurahan yang ada di Rejang Lebong dengan menyiapkan apa yang akan menjadi usaha mereka dalam memanfaatkan program tersebut.
"Dimana kita ingin mereka menyiapkan pemuda - pemuda untuk membuat UMKM atau industri yang berpotensi didaerah masing - masing desa," sampainya.

Jangan sampai saat program ini berjalan justru desa tidak baru akan memulai bersiap, sehingga program ini lambat diserap, jika diserap terkesan terburu-butu dan berdampak tidak baik dalam membantu mensejahterakan masyarakat desa atau kelurahan, dengan itu peran pihaknya meningkatkan desa untuk bersiap.
"Misalnya jika memang desa dengan hamparan sawah yang luar, desa sudah memikirkan bersama remaja atau bumdeskan akan membentuk apa, apakah budidaya perikanan, atau peternakan, yang memang menjanjikan," ungkapnya.

Serta pihaknya juga minta pada OPD lain untuk juga mulai bersiap untuk ini, misal untuk Dikoperindag UKMM Rejang Lebong, untuk menyiapkan pembinaan untuk pemuda desa dalam mengembangkan UMKM mereka, sehingga tidak menumpukan program hanya pada satu OPD saja, dengan kata lain OPD memainkan perannya pada tupoksinya masing - masing.
"Sehingga program ini bisa berjalan di Rejang Lebong dan bisa memberikan dampak perekomonian yang lebih sejahtera," terangnya.

Ditambah program ini juga harus dimaksimalkan dan berdampak pada program yang juga dicanamkan, yakni mengurangi pengangguran di Rejang Lebong, dan menambah lapangan pekerjaan yang salah satunya Bersambung …

Baca selengkapnya di Koran Harian Curup Ekspress edisi Senin, 3 Maret 2021

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: