Awal Tahun Terjadi 5 Kasus Kebakaran, Kerugian Nyaris Rp 1 Miliar

Awal Tahun Terjadi 5 Kasus Kebakaran, Kerugian Nyaris Rp 1 Miliar

CE ONLINE - Awal tahun 2021 atau periode Januari-Februari, Kantor Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Rejang Lebong mencatat setidaknya ada 5 kasus kebakaran yang terjadi.

Kadis Damkar Kabupaten Rejang Lebong, Drs H Sumardi M Si didampingi Kabid Pengendalian Operasi Kebakaran, Hendry Octavia SH mengatakan bahwa kerugian akibat 5 kasus kebakaran tersebut nyaris Rp 1 Miliar.
"Dari 5 kasus kebakaran tersebut, kerugian ditaksir hampir Rp 1 Miliar," ujarnya kepada wartawan, Jumat (5/3) kemarin.

Menurut Kadis, bahwa kasus kebakaran tersebut diantaranya kebakaran yang terjadi Desa Pahlawan Kecamatan Curup Utara pada 23 Januari 2021. Dimana akibat kebakaran tersebut, kerugian ditaksir Rp 100 juta.

Kemudian kebakaran yang terjadi Kelurahan Pelabuhan Baru Kecamatan Curup Tengah pada 28 Januari 2021 yang mana kerugian ditaksir mencapai Rp 450 Juta. Kebakaran yang terjadi Desa Lubuk Bingin Baru Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI) pada 3 Februari 2021 yang mana kerugian ditaksir mencapai Rp 200 Juta.

Selanjutnya kebakaran yang terjadi di Kelurahan Kesambe Baru Kecamatan Curup Timur pada 11 Februari 2021 kerugian ditaksir Rp 20 juta dan terakhir kebakaran yang terjadi di Desa Lubuk Ubar Kecamatan Curup Selatan pada 12 Februari 2021 yang kerugiannya hanya Rp 500 ribu.
"Mayoritas kejadian kebakaran tersebut, disebabkan oleh korsleting listrik.

Kebanyakan hal ini terjadi, karena kabel listrik yang dipasang bukan kabel listrik berlabel SNI. Kita berharap kedepan, masyarakat bisa menggunakan kabel SNI. Jangan berharap beli yang murah, tapi carilah yang aman dan berlabel SNI untuk keselamatan bersama," sampainya.

Sementara itu, Kadis berharap kedepan masyarakat bisa lebih waspada terkait potensi kebakaran.
"Kita berharap masyarakat jangan lalai, perhatikan dan waspada. Karena kebakaran ini bisa mengancam kapanpun," pungkasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: