Bupati Panen Bawang Merah di Belitar Seberang

Bupati Panen Bawang Merah di Belitar Seberang

CE ONLINE - Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi MM, Senin (8/3) pagi memimpin pelaksanaan panen bawang merah di Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi. Adapun pelaksanaan Panen Bawang Merah tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan dan Kepala OPD lainnya.
"Hari ini (kemarin, red) kita melaksanakan panen bawang merah. Khususnya di Blitar Seberang di Kecamatan Sindang Kelingi," ujarnya kepada wartawan.

Menurut Bupati, bahwa luasan lahan bawang ada 15 hektar yang dinaungi oleh 10 kelompok tani (Poktan) di Kecamatan Sindang Kelingi.
"Yang kita panen sekarang ini, ada 1,5 hektar yang kita panen," sampainya.

Melihat panen bawang yang dilaksanakan di Blitar Seberang ini, kata Bupati bahwa potensinya cukup bagus. Apalagi untuk Topografi di wilayah Lembak ini sangat memungkinkan, karena suhunya sedikit lebih panas dibandingkan di Kecamatan Selupu Rejang dan Kecamatan Curup.
"Karena pada hakikatnya, bawang ini maunya dengan tingkat curah hujan tidak terlalu tinggi. Artinya dengan seperti itu, daerah Lembak ini hingga Kota Padang itu cukup menjanjikan," katanya.

Namun persoalannya, kata Bupati sedikit agak menjadi perhatian khusus. Terutama menyangkut bibitnya. Karena bagaimanapun itu yang agak sulit meskipun harganya tinggi. Oleh karena itu, Bupati berharap kalau memanglah ada dana-dana yang bisa membantu oleh Pemerintah Pusat melalui Departemen Teknis Pertanian dalam bentuk lain itu yang diharapkan.
"Supaya nanti bisa kita lakukan, hal yang sama seperti sekarang ini. Nah inipun punya efek yang positif. Seperti kita ketahui, diatas Selupu Rejang ini terkenal dengan namanya Agropolitan. Artinya itu sangat luar biasa ditanam sayur-sayuran. Dengan tanaman bawang merah ini, paling tidak bervariasi. Khususnya varietasnya ada yang lain, sehingga itupun bisa menjanjikan dan membuat stabilnya harga," ujarnya.

Sementara itu, lanjut Bupati bahwa sektor pertanian juga menjadi program unggulan dari pihaknya. Hanya saja kata Bupati, bahwa di sisi lain Pemerintah juga terbatas. Pertama lahan ini juga, bukan lahan pemerintah namun punya pribadi masyarakat.
"Pada intinya, untuk sektor pertanian Pemerintah juga ingin berkontribusi penuh. Apalagi jika setiap Kecamatan ada sektor unggulan. Intinya kita setuju dan mendorong itu," katanya.

Terpisah Kadis Pertanian dan Peternakan Kabupaten Rejang Lebong, Suherman SP mengatakan bahwa panen raya bawang merah ini merupakan salah satu kegiatan bantuan dari APBN yang direlokasi di RL. Bahkan diakui Suherman, bahwa Kabupaten RL peringkat 5 terbaik relokasi bawang merah.
"Bahkan untuk panen ini, dihasilkan oleh kelompok tani Karomah. Hasil panennya, 1 berbanding 13 dari bibit yang disebar," pungkasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: