5 Rumah Warga dan 1 Gedung PAUD Terancam Longsor

5 Rumah Warga dan 1 Gedung PAUD Terancam Longsor

CE ONLINE - Sebanyak 5 rumah milik warga dan 1 PAUD yang terletak di dusun dua desa Air Lanang Kecamatan Curup Selatan terancam amblas. Ini pasca terjadinya longsor di dekat instalasi pembuangan akhir limbah (IPAL) di desa tersebut.

Informasi diperoleh CE, longsor ini sudah terjadi sebanyak 2 kali pada tahun ini, pertama pada awal bulan Januari 2021, kemudian pada Selasa malam sekitar pukul 22.00 WIB kemarin. Disisi lain dengan konsisi kembali terjadi longsor didaerah ini membuat warga merasa cemas dan berhamburan lari keluar rumah akibat getaran yang cukup kuat.
"Ya malam tadi ada warga yang mendatangi saya menyampaikan ada longsor dibelakang rumah mereka, saya langsung menuju blokasi dan menyarankan warga untuk mengungsi dulu sementara," sampai Kades Air Lanang Heri kiswanto kepada CE.

Adapun pasca mendapatkan laporan warga tersebut, Kadeslangsung melaporkan kejadian tersebut kepada Camat Kecamatan Curup Selatan. Pihak Kecamatan langsung menuju dan meninjau langsung lokasi longsor tersebut pada Rabu (24/3) dan dilaporkan langsung ke dinas terkait dalam hal ini BPBD dan dinas PUPR kabupaten Rejang Lebong.
"Pasca menerima laporan ini kedua dinas tersebut juga langsung melakukan peninjauan ke lokasi terjadinya longsor tersebut," terang Kades.

Disisi lain akibat dari longsor sepanjang kurang lebih 30 meter dengan ketinggian kira-kira 25 meter ini telah memutuskan saluran drainase desa yang dibangun melalui DD tahun 2017 dan mengancam 5 rumah warga, satu gedung PAUD dan satu unit IPAL.
"Akibat dari longsor ini telah memutuskan saluran drainase dan mengancam IPAL dan juga rumah warga serta gedung PAUD, dan apabila ini tidak cepat diatasi kami kawatir akan terjadi longsor susulan yang akan berakibat lebih parah, karena hanya hitungan bulan saja sudah dua kali tejadi longsor dengan kondisi intensitas hujan yang masih cukup tinggi dan kami berharap dinas terkait dapat secepatnya menindak lanjuti masalah ini," tambah Kades Air Lanang, Heri Kiswanto. (SR2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: