Kepahiang Menuju Kawasan Wisata Nasional

Kepahiang Menuju Kawasan Wisata Nasional

CE ONLINE - Kunjungan singkat Menteri Desa dan Pembangunan Daerah tertinggal (Mendes PDT) Dr (HC) Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd beserta rombongan ke Kabupaten Kepahiang digelar Kamis (25/3) kemarin.

Dari kunjungan tersebut memberikan harapan baru bagi pembangunan Kabupaten Kepahiang kedepan dibawah tapuk pimpinan Dr. Ir Hidayatullah Sjahid, MM IPU dan H. Zurdi Nata. Kenapa tidak, dalam bincang khusus yang dilakukan Wakil Bupati Kepahiang dengan mendes PDT, Zurdi Nata mengusulkan agar Kabupaten Kepahiang menjadi Kawasan Wisata Nasional, yang meski dicanangkan dan menjadi program Kemendes PDT.
"Tadi (Kemarin, red) Pak Mentri tidak saja menerima laporan terkait dengan pembangunan Badan Usaha milik Desa (BUMDes) dan sempat melakukan peninjauan langsung terhadap perkembangan BUMDes, Pak mentri dan rombongan juga sempat melihat potensi potensi wisata yang ada di Kepahiang ini salah satunya perkebuan teh di Kecamatan Kabawetan, Pak Mentri menyampaikan kekagumannya terhadap SDA kita (Kepahiang dan optimis jika ini dikembangkan dengan baik Kepahiang ini akan menjadi salah satu daerah tujuan wisata," ungkap Wabup.

Karena itulah sambung Wabup selaras dengan Visi dan Misi Pemkab Kepahiang saat ini, salah satunya pengembangan potensi wisata, Pemkab Kepahiang mengusulkan agar Kepahiang masuk dalam satu program Kemendes PTDT sebagai kawasan Wisata Nasional. Yang diharapkan pembanunannya mendapatkan dukungan serta modal dari pemerintah pusat.
"Pak Mentri tadi juga menyampaikan dukungannya ke kita (Kepahiang, red) untuk membangun sektor wisata yang saat ini juga tengah kita galakan," ucap Wabup.

Mudah-mudahan sambung wabup Kunjungan Singkat Mendes PDT kemarin di Kabupaten Kepahiang, akan membawa angin segar untuk kemajunan Kabupaten Kepahiang kedepan.

Sementara itu mendes PDR Dr (HC) Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd, yang sempat diwawancarai awak media kemarin, mengatakan jika tujuan utamanya ke Kabupaten Kepahiang untuk melihat pemanfaatan dana desa (DD), yang salah satunya digunakan untuk pembanguan BUMDes.

Diharapkan BUMDes, akan dapat maksimal dalam pemulihan dan peningkatan perekonomian masayarakat desa.

Terkait dengan adanya beberapa potensi wisata di Kabupaten Kepahiang, Mendes PDT, mendukung adanya pihak-pihak swasta untuk berinvestasi dalam pengembangan wisata tersebut.
"Kami dari Kemendes PTDT, itu ada Wab yang selalu update terhadap pembangunan pembanguan desa seluruh Indonesia, dan kami juga menonjolkan potensi-potensi yang dimiliki desa untuk dapat dikembangkan dan pembanguan pembanguan desa yang dapat dijadikan contoh. Kepahiang memungkinkan dengan keberagamannya dan potensi sumber daya alamnya untuk dapat dikembangkan menjadi salah satu desa percontohan," kata Mendes PDT.

Pemerintah Pusat dalam hal ini kemendes PDT tegas, saudara kandung Muhaimin Iskandar ini, akan mendukung sepenuhnya Pemerintah Kabupaten Kepahiang yang akan membuka seluruh potensi wisata yang mayoritas berada di desa desa dalam wilayah Kabupaten Kepahiang.

Terkait dengan pengelolaan dana desa (DD) yang bersumber dari APBN, Kemendes mengingatkan Pemerintah desa untuk dapat menjalankannya dengan baik, serta dilakukan secara transfaran, agar kemudahan pertanggungjawaban tehadap penanganan anggaran tersebut yang diberikan Pemerintah Pusat tidak menjebak Pemdes terjerat pada persoalan hukum.

Kunjungan Kemendes PDT di kabupaten Kepahiang kemarin, juga didampingi Direktur Pengembangan Sosial Budaya dan Lingkungan Hidup Bito Waskito, SS., M.Hum Direktur Pelayanan Invetasi Dr. Supriadi, M.Si.

Sementara dari Pemerintah Kabupaten Kepahiang Hadir Wakil Bupati Kepahiang, H Zuri Nata, SIP, Unsur Forkopimda Kepahiang Dandim 0409/RL Letkol Inf Sigit P, SE, KapolRes Kepahiang AKBP Suparman, SIK, MAP, Kasi Intelijend Kejari Arya Marsepa, SH, MH, Wakil Ketua II DPRD Kepahiang Drs. H Thobbari Muat, SH, Sekretaris Daerah Kepahiang Zamzami Zubir SE, MM Kadis PMD Ir. H Ris Irianto, Ketua TP PKK Ny Efie Hidayat, serta pimpinan OPD lainnya.

Adapun wilayah yang menjadi fokus kunjungan kemarin Desa Barat Wetan dan Desa Sidorejo Kecamatan Kabawetan Kepahiang. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: